Besok AMSI Kaltim Dideklarasikan, Disaksikan Ketua Dewan Pers dan Wakil Gubernur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Senin (22/06), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kaltim akan dideklarasikan dirangkai dengan diskusi melalui aplikasi zoom sekitar pukul 10-12 Wita.

Ketua Umum AMSI Pusat Wenseslaus Manggut akan memimpin acara deklarasi tersebut. Rencananya disaksikan Ketua Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo Diddy Rusdiansyah dan Ketua Dewan Pers M. Nuh yang juga akan menjadi narasumber.

Rencananya deklarasi akan diikuti sekira 50 anggota AMSI se-Indonesia. Momentum ini menjadi penting dalam perjalanan AMSI kedepan. Meski Deklarasi telah direncanakan pada Maret lalu, tertunda terkait, pandemi Covid-19.

“Kami saat ini, tengah menjalankan aturan sesuai dengan UU Pers, bahwa setiap media harus memiliki badan hukum, termasuk bernaung disalah satu organisasi perusahaan Pers,” ujar Ketua Paniti Pelaksana Sumarsono.

Sebagai organisasi perusahaan Pers, AMSI telah resmi menjadi dikukuhkan menjadi konstituen Dewan Pers melalui Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 21/SK-DP/V/2020 tentang Hasil Verifikasi Organisasi Perusahaan Pers Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tahun 2020.

Keputusan itu diterbitkan pada 29 Mei 2020 dan ditandatangani Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh. Dalam keputusan tersebut, Dewan Pers menyebut AMSI telah memenuhi standar organisasi perusahaan sesuai Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/Peraturan-DP/III/2008. AMSI sendiri mendaftar menjadi konstituen Dewan Pers pada 27 Agustus 2018 dan diterima oleh Ketua Dewan Pers (ketika itu) Stanley Adi Prasetyo.

AMSI berdiri pada 18 April 2017 yang ditandai dengan deklarasi para pemimpin redaksi media online di Dewan Pers, Jakarta. Deklarasi itu diikuti dengan penyelenggaraan Kongres pertama pada 22 Agustus 2017. Kongres saat itu mengesahkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan menetapkan Ketua Umum serta Ketua Badan Pengawas dan Penasehat Organisasi.

Comments

comments

Baca juga ini :  Sopir Angkutan Kota Demo Lagi Menuntut Ketegasan Hasil Kesepakatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.