Butuh Kesabaran Saat Antri Vaksinasi, Begitu Pula Bagi Lansia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Peserta Vaksinasi diminta untuk bersabar karena proses vaksinasi mulai dari pendaftaran, pemeriksaan data, kesehatan hingga vaksinasi dan observasi sekaligus pemberian sertifikat vaksinasi. Semua itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Termasuk vaksinasi lansia yang dimulai hari ini (7/03/2021) khusus undangan perlu diperhatikan betul antriannya dan bersabar karena petugas tidak bisa langsung melakukan vaksinasi tapi harus ditanyakan lebih dulu riwayat kesehatan.

” Jadi memang agak lama di meja dua (skrining kesehatan) karena ditanya riwayat penyakitnya. Kalaupun ada diabetes, darah tinggi maka dilakukan pemeriksaan tensi supaya benar-benar aman saat dilakukan vaksin, ” kata Wali Kota saat pembukaan vaksinasi untuk lansia, Minggu (7/03/2021).

” Jadi mohon maaf mohon bersabar nanti setelah divaksin nunggu 30 menit karena dilakukan observasi sekaligus pemberian sertifikatnya, ” ujarnya.

Sejauh ini tidak ditemukan keluhan bagi warga kota yang sudah menjalani vaksinasi termasuk Wali Kota Balikpapan yang sudah masuk kategori lansia (usia 62).

” Tidak ada pengaruh apa-apa malah tambah cerah wajahnya dan pandangan tambah enak terutama lihat yang mudah-muda. Jadi tidak ada masalah mudah-mudahan lancar, ” tuturnya.

Jika sudah selesai dan tidak ada masalah peserta vaksinasi boleh pulang. Namun untuk lansia vaksinasi akan dilakukan kembali yang kedua setelah satu bulan atau 28 hari. ” Kalau yang muda hanya 14 hari disuntik lagi untuk yang kedua, ” katanya.

” Jadi mohon pengertiannya nanti diingatkan waktu nya nanti setelah 28 hari kita undang lagi. Mudah-mudah kita semua sehat, kita terjaga. Alhamdulillah angka sudah menurun, di rumah sakit juga berkurang. Data kemarin dari 500 tempat tidur hanya 300 yang terisi, ” bebernya.

Baca juga ini :  Partisipasi Pemilih di Pilkada Balikpapan Tak Pernah Capai 70 Persen

Rizal mengulas pada 1 bulan lalu angka keterisian ruang perawatan covid capai 100 persen di 11 rumah sakit yang menangani.

” Saya sampaikan tidak perlu khawatir seluruh warga kota akan divaksin. Jadi warga kota usia 18 tahun ke atas sekitar 460 ribu orang. Semuanya akan divaksin hanya waktu bertahap, ” sebutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.