BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan akan mulai membebaskan lahan untuk pembangunan bendali di Hulu Sungai Ampal sebagai upaya meminimalisir banjir.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan, Andi M Yusri mengatakan, dari alokasi anggaran Rp 5 miliar dalam APBD Perubahan sebagian anggaran untuk pembebasan lahan Bendali Hulu Sungai Ampal dan pembebasan lahan milik H Kastani dekat jembatan Dam hotel Her.

“Sisanya Rp 3 miliar akan saya pakai untuk yang pembebasan Bendali Hulu Sungai Ampal,” ujarnya kepada awak media, Jumat (24/09/2021).

Menurutnya, untuk pembangunan Bendali Hulu Sungai Ampal yang merupakan proyek multiyeras tersebut, untuk pembebasan lahan merupakan tanggungjawab Penkot Balikpapan.

Sementara untuk pembangunan fisik merupakan tanggungjawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Samarinda.

“Karena Bendali Hulu Sungai Ampal itu desain Benadalinya sudah dibuat BWS, tinggal bebaskan lahannya,” ujarnya

Kata dia, pembangunan fisik bendali tergantung pembebasan lahan. Sehingga kini tengah dipercepat. Namun anggaran yang dibutuhkan cukup besar untuk keseluruhannya. Lahan yang dibutuhkan minimal 10 hektare yang lokasi berada di sebelah Pasar Seger masuk Kecamatan Balikpapan Tengah Kelurahan Sumber Rejo.

“Kalau untuk lahannya katakanlah kalau Rp 1 juta per hektar, berarti Rp 100 miliar tapi itu kisaran kasar. Tapi tentu nanti penghitungannya memakai appraisal,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version