Cegah Harga Kebutuhan Naik, Turunkan Tim Pengendali Inflasi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Sepuluh hari jelang bulan suci Ramadan Pemerintah Kota Balikpapan memastikan harga pangan cukup baik dan masih batas normal. Meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi tak memungkiri ada beberapa komoditi yang memang mengalami kenaikan beberapa hari terakhir seperti lombok, sehingga masyarakat diminta untuk menekan konsumsinya. “Konsumsi yang tidak terlalu primer bisa dikurangi dulu,” ujar Rizal Effendi saat diwawancarai awak media.

Rizal juga mengajak, masyarakat Balikpapan untuk bisa memanfaatkan program wanita mandiri atau pemanfaatan halaman rumah untuk melakukan penanaman sendiri. “Dengan program itu, kita juga tidak harus terus bergantung pada pasar,” akunya.

Apalagi kenaikan harga jelang Ramadan memang tidak bisa dipungkiri sudah menjadi kebiasaan. “Kadang gejala pasar seperti itu. Seharusnya kita bisa lebih cerdas supaya permainan harga tidak terjadi. Karena orang memanfaatkan kenaikan harga dari panic buying itu,” tuturnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan harga di pasaran. Dengan menggerakkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). “Kita kan ada TPID ini yang akan terus kami minta untuk terus dioptimalkan dalam pengawasannya,” tutup Rizal.

Baca juga ini :  Pasang Alat Themal Scanner, Bandara Sepinggan Tingkatkan Kewaspadaan Masuknya Virus Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.