Covid-19 Melandai, Ada Peningkatan Kunjungan WNA  

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Kantor Imigrasi kelas I TPI Balikpapan mengklaim  saat ini terjadi kenaikan kunjungan Warga Negara Asing (WNA) yang cukup siginifikan di Balikpapan dikarenakan melandainya kasus Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kedatangan WNA di Balikpapan kebanyakan mereka rata-rata mereka bekerja dan berkeluarga.

“Karena dengan adanya Covid-19 yang saat ini yang mulai melandai dan  kegiatan inventasipun didukung oleh pemerintah. Sehingga kegiatan mereka pun semangkin meningkatkan dari pada sebelumnya,” ujar Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan Adrian Sutrisno, Selasa (22/11/2022).

Disamping itu dia katakan, inovasi yang beberapa waktu telah di launching oleh Direktorat Jendaral Imigrasi  Ini juga mempercepat waktu kepengurusan paspor bagi para WNA.

“Jika sebelumnya kepengurusan paspor di Imigrasi banyak birokrasi yang harus di lalui. Akhirnya sudah mulai kita pangkas hanya kurun dalam waktu sampai dengan 13 sampai dengan 14  hari saja.  Akan tetapi selama WNA itu mengikuti prosedur dengan benar,” jelasnya.

Meski demikian dia katakan, sampai saat ini pihaknya tidak menemukan adanya pelanggaran secara administratif. Pasalnya WNA juga saat ini sudah mendapatkan informasi mengenai kapan harus memperpanjang paspor. Bagaimana memperjang paspor mereka sudah mudah mendapatkan informasi tersebut.

“Kemudian dengan informasi yang kami berikan mereka sudah mengetahui semua resiko jika melanggar dan sanksinya apa,” tandasnya. 

Comments

comments

Baca juga ini :  Tiga Pekan PTM Balikpapan, Evaluasi Berlangsung Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.