Curi Panel Surya Seharga Rp 50 Juta, Pemuda Ini Diamankan Polisi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Tindakan aksi pencurian di Kota Balikpapan semakin beragam, bahkan panel surya yang digunakan di Penerangan Jalan Umum (PJU) juga tak luput dari tindakan pencurian, hal ini terungkap setelah Tim Beruang Hitam Polresta Balikpapan berhasil mengamankan tersangka S (29) warga Jalan Sepaku Laut, Balikpapan Barat.

Tersangka melakukan aksi pencurian panel surya PJU yang dilakukan pada Kamis (12/8/2021) di Jalan Syarifuddin Yoes dari simpang wika hingga simpang pengadilan agama.

Dimana tersangka melakukan aksinya bisa pagi, siang atau malam hari dengan melihat situasi terlebih dahulu, jika dirasa aman maka tersangka akan beraksi, tersangka memanjat tiang PJU bertenaga surya dan menurunkan dengan tali. Adapun tersangka dalam kurun waktu dari 12 hingga 22 Agustus berhasil mengambil tujuh unit panel surya.

“Atas perbuatan tersangka, baik Dishub Kota maupun Dishub Provinsi yang memiliki panel surya tersebut mengalami kerugian Rp 50 juta,” ujar Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro kepada awak media, Jumat (27/6/2021).

Dikatakan Rengga untuk tersangka berhasil diamankan oleh petugas di rumahnya di kawasan Jalan Sepaku Laut, Balikpapan Barat pada Minggu (22/8/2021) dengan barang bukti yang belum dijual oleh tersangka.

“Dalam aksinya pelaku mengakui hanya melakukan sendiri tanpa ada yang menemani dengan bermodalkan gunting untuk memotong kawat,” akunya.

Atas perbuatan tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Comments

comments

Baca juga ini :  HUT Bhayangkata ke 73, Abdulloh Apresiasi Kinerja Kepolisian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.