Dewan Dukung Eks Puskib Jadi Taman Kota dan Pusat UMKM

BALIKPAPAN – Masih mangkraknya lahan eks Puskib di kelurahan Gunung Sari Ilir menjadi perhatian DPRD Kota Balikpapan. Awalnya Pemprov Kaltim merencanakan membangun supermall, namun karena banyaknya persoalan akhirnya tidak terealisasi. 

Anggota DPRD dapil Balikpapan Tengah, Suwanto, mengaku mendukung usulan masyarakat kota Beriman yang ingin memiliki taman kota, selain taman kota akan lebih elok lagi jika sekaligus dibangunkan bozem pada titik tengahnya. Dan bozem itu juga sangat berguna untuk menghindari banjir yang ada di lingkungan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah.

“Lebih baik dijadikan bozem sekaligus taman kota, yang dikelilingi UMKM (wisata kuliner dan pedagang kaki lima), jogging track dan lainnya,” kata Suwanto kepada media, Senin (7/11/2022).

Suwanto mengaku, lahan tersebut tadinya memang direncanakan dibangun centra UMKM, selain menambah tempat wisata juga memberi pemasukan Penghasilan Asli Daerah (PAD).

Apalagi hal itu juga mengacu pada Perda 5 nomor tahun 2021 tentang penataan pemberdayaan pedagang kaki lima.

“Rencananya di tempat itu mau dibangun centra UMKM tapi belum ada kejelasan hingga hari ini,” bebernya.

Kendati begitu, ke depannya ia menyerahkan semua tindaklanjut eks Puskib ke Provinsi. Dan sejatinya ia berharap lahan itu segera clear dan dapat dibangunkan sebagai fasilitas yang berguna bagi masyarakat Balikpapan.

“Saya pernah tanya di DPRD Provinsi bahwa Puskib itu masih terkendala dengan kontraktor yang ada dan itu mau diselesaikan dahulu. Dan karena itu lahan provinsi maka provinsi yang akan menindaklanjuti lahan tersebut nanti ingin dijadikan apa,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  47 Satgas TMMD 109 Memberikan Pengabdian Untuk Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.