Anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Riri Saswita Diano

Dewan Minta Pemkot Berikan Keringan Pembayaran PPBB

BALIKPAPAN – DPRD Kota Balikpapan meminta Pemerintah Kota untuk memberi keringan pajak bumi dan bangunan (PBB). Hal ini karena wabah virus corona atau covid-19 yang kian memprihatinkan dan membuat pendapatan masyarakat menurunkan, bahkan sebagian dirumah dan di PHK

“Karena memang kondisinya sekarang sulit bagi masyarakat, mereka untuk makan saja sulit, apalagi mau bayar pajak,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan Riri Saswita Diano

Dia mencontohkan, hotel dan restauran pun “ambruk” karena terkena dampak virus corona. Bahkan sebagian hotel terpaksa tutup untuk sementara karena taka da tamu. Begitupun restaurant juga kini hanya menerima pesanan secara online.  

Dampak dari itu sebagian karyawan terpaksa dirumahkan selama wabah virus corona dan kemungkinan tanpa gaji. Bahkan ada yang di PHK. Kondisi itu yang semakin menyulitkan masyarakat. Sehingga Pemerintah Kota Balikpapan diminta membuat kebijakkan yang memihak warganya.

“Kita ingin agar tidak memberatkan masyarakat. Memang memanbayar PBB adalah kewajiban warga, tapi dengan kondisi sekarang akan sangat berat,” ujarnya.

“Beberapa warga sudah mengadukan kepada saya, mereka kesulitan untuk membeli sembako saja mereka sulit, apalagi bayar PBB,”

Selain lanjut dia, pendapatan asli daerah (PAD) juga akan merosot tajam dan tidak akan mencapai target, karena kesulitan pelaku usaha membayar pajak dan retribusi. Kondisi itu tentu akan berpengaruh pada anggaran daerah, khususnya APBD Kota.

“Kita akan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dalam waktu dekat untuk membahasnya. Tentu nanti ODP yang akan mendatanya,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Wali Kota Balikpapan Sesalkan Masih Ada Berita Bohong Beredar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.