Ridwan Kamil nampak berdiskusi dengan Tim SAR di Kota Bern Swiss [Foto: Dokumentasi KBRI]

Dewan Pers Imbau Media Tidak Membuat Berita Ramalan Terkait Putra Sulung Ridwan Kamil yang Terseret Arus Sungai di Swiss

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dewan Pers mengingatkan media untuk memberitakan putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang terseret arus di sungai Aare, Swiss, untuk tetap berpedoman pada kode etik.

“Dewan Pers memahami bahwa Pers bertugas mencari informasi, melakukan pemberitaan dengan baik dan benar sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik,” demikian pernyataan Dewan Pers dalam siaran persnya, Minggu (29/05/2022).

“Namun demikian, Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai platform media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi public,”

Media juga diminta tidak membuat berita yang berkaitan dengan ramalan terkait peristiwa kemanusdian tersebut. Media justru harus menampilkan karya jusrnalistik yang berdampak positif bagi kemanusian.

“Dalam hemat Dewan Pers, seyogianya lembaga pers lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusian, sesuai kode etik dan tidak melakukan glorifikasi yang akan membuat setiap keluarga korban tragedi kemanusiaan tertekan dan merasa bersalah,”

 “Dewan Pers juga mengajak kepada seluruh jajaran redaksi di seluruh platform media, untuk bersama-sama mengedepankan jurnalisme empati dan tentu, tetap berpegang teguh terhadap Kode Etik Jurnalistik,”

Comments

comments

Baca juga ini :  55 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Bilateral

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.