Diikuti 258 Peserta, MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan Resmi Dibuka

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan kembali melaksanakan kegiatan lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2021, kali ini Kecamatan Balikpapan Barat didaulat sebagai tuan rumah, dimana rangkaian lomba dilaksanakan di Balikpapan Islamic Center, mulai Kamis (25/11/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud  yang ditandai dengan pemukulan beduk yang juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan, Sekretaris Daerah Balikpapan Sayid MN Fadly, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan Johan Marpaung, Ketua LPTQ Balikpapan Muhammad Noor, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Balikpapan, Dewan Hakim dan Seluruh Kafilah.

Adapun rangkaian acara pembukaan MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Qori terbaik Kota Balikpapan Muhamad Ali, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Wali Kota Balikpapan dan dilanjutkan dengan pembaiatan Dewan Hakim, terakhir penyerahan piala juara umum MTQ tahun lalu kepada Wali Kota Balikpapan yang diserahkan kembali kepada Ketua Panitia MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan untuk dilombakan.

Rahmad Mas’ud dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar seremonial rutin tahunan saja, akan tetapi harus memiliki makna strategis yang mendukung terwujudnya masyarakat khususnya umat muslim yang memiliki wawasan modern dengan menjunjung tinggi nilai agama.

“MTQ merupakan ajang untuk menegakkan syiar Islam melalui lantunan ayat suci Al Qur’an, yang menjadi sumber pedoman dan petunjuk hidup yang aktual dan kontekstual sepanjang masa,” ujar Rahmad Mas’ud. 

“Selain itu untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang berakhlak Qur’ani yang kelak akan berkontribusi dalam pembangunan,” tambahnya. 

Kata Rahmad, MTQ ini menjadi momentum untuk menyerukan kerjasama dalam ketaqwaan dan kebaikan. Apalagi Bangsa Indonesia mengalami masa sulit yakni adanya pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini. Sehingga, pemerintah merencanakan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 diseluruh Indonesia pada akhir tahun 2021. 

Baca juga ini :  Kehadiran Pertashop Dorong Ciptakan Lapangan Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

“Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya lonjakan gelombang ketiga penularan Covid-19,” akunya. 

Rahmad juga mengajak seluruh masyarakat untuk menerima dan mendukung kebijakan ini demi kebaikan bersama. Tentunya, juga terus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan menyukseskan program vaksinasi sebagai penanganan Covid-19.

“Kepada seluruh Kafilah agar dapat membangun jiwa kompetisi yang kuat untuk menjadi yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi nilai silahturahmi dan persaudaraan antar sesama umat Islam,” kata Rahmad.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke-50 Tingkat Kota Balikpapan yang juga Camat Balikpapan Barat Muhammad Arif Fadhilah mengatakan, penyelenggaraan MTQ ke-50 berlangsung selama enam hari yang diikuti oleh 258 peserta dari enam Kecamatan di Kota Balikpapan yang terdiri dari 18 regu. 

“Adapun anggaran penyelenggaraan MTQ ke-50 diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Balikpapan melalui Kecamatan Balikpapan Barat,” kata Arif. 

Sebelumnya, Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh juga berharap agar pelaksanaan MTQ kali ini bisa berjalan lancar dari awal hingga akhir, serta dapat menghasilkan para qori dan qoriah yang nantinya bisa membanggakan Kota Balikpapan di tingkat provinsi bahkan nasional. 

“Tentu kami berharap akan muncul qori dan qoriah yang bisa berprestasi bagi Kota ini,” tutup Abdulloh. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.