Diikuti 36 Peserta, Lomba Balita Sehat Tingkat Kota

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dinas Kesehatan Kota Balikpapan bersama dengan TP PKK melaksanakan lomba balita di Kantor DKK Balikpapan dan PKK Balikpapan, pada Senin (8/8/2022).

Kasubbag Koordinator Kesehatan Keluarga DKK Balikpapan, Nanik Sriwahyuni mengatakan, hari ini dilaksanakan kegiatan lomba balita sehat tingkat Kota Balikpapan yang mana kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesehatan pada anak-anak di Kota Balikpapan.

“Jumlah peserta ada 36,terdiri dari usia 6 bulan sampai 24 bulan 18 peserta dan 18 peserta usia kelompok 2-5 tahun,” ujar Nanik Sriwahyuni kepada media, Senin (8/8/2022).

Adapun peserta terdiri dari kiriman-kiriman per kecamatan, yang mana satu kecamatan akan mengirimkan 6 peserta terbaiknya, sehingga total ada 36 peserta dari enam kecamatan di Balikpapan.

“Para juri dari organisasi dari dokter spesialis anak, dokter gigi, dari TP PKK, Ikatan Bidan dan psikolog,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu penilaian balitavsehat yakni kesehatan gigi dan mulut, drg Wahyudi Sudarsono dari RSUD Beriman mengatakan, kebanyakan anak-anak gampang mengalami rusak gigi akibat malas gosok gigi dan kesibukan orang tua jadi terlantar sehingga gosok giginya kurang.

“Termasuk kandungan zat besinya sehingga gigi berlubang dimana kasus gigi belumbang cukup tinggi,” ujar Wahyudi.

Penyebab lan dari gigi berlubanh yakni makanan yang mengandungan karbohidrat dan gula, termasuk jarang gosok gigi, sehingga bakteri-bakteri akan menghasilkan asam.

“Dari asam ini menyebabkan gigi berlubang,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Setelah Balikpapan, Bontang Juga Ditetapkan Zona Merah COVID-19 di Kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.