Dirjen Hubla Lepas KRI Makasar Angkut Pemudik Balikpapan Tujuan Surabaya di Semayang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo melepaskan keberangkatan 986 pemudik tujuan Surabaya menggunakan KRI Makasar melalui Pelabuhan Semayang,  Sabtu sore (1/6/2019).

Agus menjelaskan kapal perang yang diperbantukan mengangkut pemudik pada lebaran 2019 ini atas permintaan Kementerian Perhubungan kepada Panglima TNI dan KSAL untuk menyediakan kapal. 

“Kami minta dua,  disini satu dan di Lampung satu  Tanjung Priok ke Panjang.  Kapalnya anda lihat sendiri bagus sekali bahkan menurut perhitungan saya dimuat seribu masih nyaman banget. Kami ingin mendukung bahwa masyarakat yang akan lebaran bisa melakukan dengan sebaik-baiknya,” katanya usai melakukan pemeriksaan kapal perang Makasar.

Kapal tersebut berangkat pukul 16.00 wita dan tiba di Surabaya tanggal 3 Juni pukul 10.00 wita dengan kecepatan 12 knot.
” Kami minta kepada kru kapal agar makan lengkap, kebutuhan air paling penting karena waktunya agak lama. InsyaAllah penumpang enjoy.  Beberapa penumpang kita wawancara alhamdulillah bersyukur ada angkutan ini. Kami sediakan gratis dan masyarakat dapat memanfaatkan,”ujarnya.

Dirjen juga meminta pemudik menggunakan kapal laut agar melakukan perencanaan mudik jauh hari agar pihaknya bisa mengetahui potensi penumpang.

” Sehingga kita bisa atur Kapalnya, jadwalnya. Mereka kan bisa pakai medsos dan beli tiket bisa agak jauh -jauh hari dan bisa diatur semua.  Jadi kapal ini kan sapu jagat kapal kalau potensi banyak bisa kita sapu. Kita bisa atur dengan Pelni,  DLU dan operator kapal,” tandasnya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan penyediaan kapal perang ini sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat pemudik karena pada tahun sebelumnya sempat terjadi antrian pemudik yang tertahan karena menunggu kapal.” Sekarang kapal sudah tersedia lancar sehingga penumpang dari Kaltim dan Kaltara lancar pulang kampung.  Terima kasih pada pemerintah,” tuturnya. 

Baca juga ini :  Pertamina Bantu Korban Terdampak Banjir Samarinda

Rizal berkesan agar penumpang menjaga ketertiban,  kebersihan dan kekompakan.
” Ada merokok dan puntungnya dibawah.  Harus cinta kebersihan kalau perlu bawa tumbler,” ucapnya. 

Dirjen didampingi Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi,  Danlanal Balikpapan Kol Laut Wahyu Cahyono dan Komandan KRI Makasar Letkol Anton Pratomo dan pejabat KSOP, Pelindo maupun Pelni.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.