Sudirman Djayaleksana

Dishub Anggarkan Rp 3,3 Miliar untuk 1.310 Titik PJU Baru

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Dinas Perhubungan Kota Balikpapan segera melakukan pemasangan jaringan lampu di pemukiman warga, hal ini menindaklanjuti dari pidato pertama Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud di sidang paripurna DPRD.

“Untuk tahun ini pemasangan baru sesuai arahan pak wali kita akan pasang 1.310 titik lampu baru,” ujar Kepala Dishub Balikpapan, Sudirman Djayaleksana saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/6/2021).

Sudirman menambahkan, untuk saat ini sudah terprogres tender dan sudah proses pekerjaan di lapangan, minimal 3-4 bulan selesa. “Jadi apa yang disampaikan pak wali paripurna kemarin atau di awal September sudah tuntas,” tutur Sudirman.

Untuk anggaran pemasangam baru menggunakan APBD Kota, sementara untuk penyedian lampunya merupakan bantuan dari Provinsi, pemasangannya akan tersebar diseluruh kota Balikpapan. “Pemasangan sesuai dengan kebutuhan dan laporan masyarakat, kemudian petugas yang akan turun survei ke lapangan,” akunya.

Meski begitu, dikatakan Dirman, untuk kewenangan pembagian tugas sesuai Permendagri nomor 138 yang diatas 4 meter tugasnya Dishub, kalau dibawa 4 meter tanggung jawab kelurahan. “Untuk kontruksi pasang baru dari yang sama sekali tidak ada, mulai dari tiang jaringan kita pasang, tapi kalau ada tiang PLN kita pasang nempel disitu,” jelasnya.

Untuk konstruksi pasang baru dari 1.310 yang pemasangan lampu sama tiang 400-500, sisanya yang tidak pakai tiang tapi tiangnya sudah ada punya PLN.

“Untuk jaringan tetap kita pasang baru, biaya konstruksinya Rp 4 miliar, kemudian ditender dan nego jadi penawaran jatuhnya di Rp 3,3 miliar,” aku Dirmab. Bagi yang ingin pasang baru sesuai dengan Permendagri, yang 4 meter keatas usulannya di Dishub, dengan yang mengajukan oleh Ketua RTnya.

“Kita libatkan Ketua RT, karena nanti ada dokumen yang akan dipertanggungjawaban melalui stempel RT sebagai bukti dilokasi tersebut ada pemasangan baru lampu jalan,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tanpa Dua Pilar Utama, Persiba Kejar Kemenangan Perdana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.