Disporapar Gelar Even To Road Haornas 2022

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan terus menyiapkan rencana Balikpapan sebagai tuan rumah Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2022, salah satu melaksanakan berbagai macam even olahraga.

Wali Kota Balikpapan yang diwakilkan Seketaris Disporapar Kota Balikpapan, Abdul Majid mengatakan, Pemkot mengapresiasi pelaksanaan even road to haornas tahun 2022, bahwa haornas diperingati untuk membangun kesadaran masyarakat memahami pentingnya berolahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh.

“Selain itu sebagai upaya membudidayakan olahraga di masyarakat,” ujar Abdul Majid saat membacakan sambutan Walikota Balikpapan, Jumat (19/8/2022).

Olahraga membudaya menjadi gaya hidup dalam kehidupan sehari hari akan menciptakan masyarakat yang sehat dan membuka peluang munculnya bibit-bibit atlet yang mampu meraih prestasi.

“Bagi Kota Balikpapan peringatan Haornas tahun ini terasa spesial karena Kota Balikpapan dipilih oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai tuan rumah puncak kegiatan haornas tahun 2022 secara nasional,” akunya.

Ini kebanggaan sekaligus kehormatan bagi Kota Balikpapan dan disertai tanggung jawab untuk menjadi tuan rumah peringatan Haornas yang baik.

“Saya harapkan dapat membangun antusias masyarakat menjelang haornas, dengan membudayakan olahraga sebagai gaya hidup sehingga terwujud masyarakat yang sehat dan produktif,” ujarnya.

Kesuksesan menjadi tuan rumah puncak haornas tahun 2022 ini juga miliki nilai penting karena sekaligus menjadi wujud kesiapan Balikpapan sebagai penyangga IKN.

“Saya juga memohon dukungan masyarakat untuk dapat mensukseskan kegiatan lomba lari 10K pada 4 September dan festival perahu layar sandek yang akan diikuti 34 Gubernur se Indonesia dan akan berlabuh di Pantai Manggar pada 9 September mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Norhan mengatakan, dalam road to Haornas pihaknya membuat beberapa rangkaian kegiatan diantaranya ada kejuaraan pickball kejurnas, panahan se Kaltim, hadal tingkat kota, ketapel se Kaltim, relly nusantara, kegiatan duta olahraga yang mana ini salah satu terobosan di Indonesia belum ada dan baru di Balikpapan dibuat.

Baca juga ini :  Sejumlah Penerbangan di Bandara Sepinggan Balikpapan Terdampak Erupsi Gunung Merapi

“Ada juga kegiatan lari 10K yang dilaksanakan pada 4 September tingkat nasional dengan kategori umum, elit,veteran, pelajar dan TNI Polri,” kata Norhan.

“Kami berharap semua elemen yang hadir bisa mendukung semua kegiatan-kegiatan,” tambahnya.

Apresiasi juga diberikan kepada para peserta pickball yang berasal dari luar daerah dan bisa jadi olahraga yang masuk dalam kategori prestasi  Saat ini masih dalam masuk kategori rekreasi.

Apalagi setelah Kota Balikpapan ditunjuk menjadi tuan rumah Haornas yang ke-39, karena ada beberapa provinsi yang juga pingin menjadi tuan rumah, namun dari Kementerian memberikan aplaus kepada Kota Balikpapan yang siap menjadi tuan rumah yang akan dilaksanakan pada 9 September di Stadion Batakan.

“Kami berharap bisa datang ke stadion pada acara pembukaan karena gratis dan ada kegiatan perahu sandek yang akan diikuti oleh 34 provinsi yang mana startnya dari Mamuju Sulawesi Barat dan finisnya di pantai Manggar,” ujarnya.

“Dan kemungkinan Gubernur 34 provinsi serta Presiden Jokowi akan hadir pada acara puncaknya,” akunya.

Adapun para peserta pada lomba pickball berasal dari berbagai daerah seperti Kalsel, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kaltim.

“Dengan jumlah peserta putra 154, putri 80, mix 160, usia 50 putra ada 26 peserta, usia 50 putri 20 peserta, pelajar 30 peserta dengan total semua 470 peserta,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.