Dua UMKM Binaan Pertamina Kalimantan Ikut Pameran Trade Expo Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan membawa dua pelaku UMKM binaan unggulannya mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2022  pada 19-23 Oktober 2022 pekan kemarin.

Dua UMKM yang dibawa yakni Kampoeng Timoer dan Madu Luntau mengikuti  pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia, yang dibuka Presiden  Joko Widodo di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD) Tangerang, Banten..

TEI di gelar dengan tujuan menjadi ajang pertemuan bisnis untuk meningkatkan ekspor dalam negeri dan mendukung UMKM untuk terus maju dengan bisa bekerjasama dengan buyer lokal maupun internasional.

Pada ajang pameran ini Kampoeng Timoer mendapatkan kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan pembeli potensial asal Arab Saudi yang sangat tertarik dengan produk UMKM Kampoeng Timoer.

“Produk sangat keren, inovatif dan saya sangat tertarik dengan produk ini, segera email ke saya profil perusahaan, katalog & daftar harganya listnya,” ujar Sami F. AlKathiri, Manager Trading Est pengusaha asal Saudi Arabia.

Soemarsono pemilik usaha Kampoeng Timoer yang menjual produk olahan dari kepiting khas Balikpapan menyampaikan terima kasihnya kepada Pertamina yang sudah mengajaknya mengikuti pameran .

“Terima kasih kepada Pertamina yang telah mengikutsertakan kami dalam ajang TEI 2022 sehingga produk kami bisa dikenal oleh pembeli potensial dari negara lain,” ucapnya.

Hal yang sama dirasakan oleh pemilik Madu Luntau, Agustinus Gabriel. Bahkan madu yang dibawa Agustinus habis terjual. Dia juga mendapatkan pengalaman dalam memasarkan produknya.

“Puji syukur produk madu yang saya bawa seluruhnya habis terjual, pameran Trade Expo Indonesia 2022 memberikan saya banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang didapat terkait ekspor produk dan juga bisa mengenalkan memasarkan produk langsung ke pembeli lokal maupun internasional, terima kasih Pertamina yang sudah memfasilitasi dan mensuport kami para UMKM,” ucap Agustinus Gabriel.

Baca juga ini :  Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Pelajar di Wilayah Kasus Penularan Covid-19 Tinggi

Dari kegiatan pameran tersebut, tak sampai 5 hari Madu Luntau raup penjualan sejumlah Rp 12 juta hingga stoknya yang dibawa habis ludes begitu juga dengan produk Kampoeng Timoer raup penjualan maksimal serta berhasil menemui pembeli potensial dari mancanegara.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria menyampaikan bahwa mitra binaan unggulan yang dibawa telah lulus kurasi sehingga dapat mengikuti kegiatan ini.

“Semoga dapat bermanfaat untuk pengembangan bisnisnya,” ujar Satria. dalam siaran pers Pertamina.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.