CEO PT Fast Food Indonesia Eric Leong (tiga kanan) dan Direktur Utama PT Arga Surya Energy Harvey Tjokro (tiga kiri) menerima plakat setelah penandatanganan kerja sama di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Dukungan Energi Terbarukan, KFC Resmikan PLTS dan SPKLU di Gerai Jalan Panjang

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Sejak Oktober 2021 gerai KFC juga memiliki fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Jumlah bahkan mencapai 10 unit yang tersebar disejumlah gerai KFC di Jakarta.

Terbaru pada Kamis lalu (11/8/2022), PT Fast Food Indonesia Tbk. (PT FFI), selaku pemegang waralaba jaringan restoran cepat saji KFC di Indonesia, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di gerai KFC Indonesia yang berlokasi di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

PLTS dan SPKLU di KFC Jalan Panjang ini merupakan hasil kerja sama PT FFI dengan PT Agra Surya Energy dan PT PLN (Persero).

Justinus D Juwono, selaku Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk menjelaskan
pembangunan PLTS dan SPKLU jadi komitmen PT FFI dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Selain itu pemanfaatan energi terbarukan oleh KFC Indonesia merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dan mencapai target carbon neutral 2060.

Pembangunan PLTS dan SPKLU untuk gerai KFC Indonesia telah berlangsung sejak Oktober 2021. Dan hingga Agustus 2022, PLTS dan SPKLU telah hadir di 10 lokasi gerai KFC Indonesia.

Menurutnya PT FFI sendiri berencana untuk terus mengembangkan PLTS dan SPKLU di sejumlah gerai KFC Indonesia.

KFC Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama di kawasan Greater Asia yang memanfaatkan PLTS dalam memenuhi kebutuhan tenaga listrik.

Sejak menggunakan PLTS, sebagai pemasok kebutuhan listrik, KFC Indonesia telah mampu melakukan penghematan biaya pemakaian listrik secara signifikan.

Sejak digunakan pada Oktober 2021, PLTS mampu menyediakan 30 persen kebutuhan listrik gerai. Pada tahap selanjutnya PT FFI akan berusaha untuk membangun PLTS lebih banyak lagi sekaligus memperbesar penggunaan listrik lewat energi terbarukan.

Baca juga ini :  BKIPM Balikpapan Bagikan 2 Ton Ikan Sehat Bermutu

“Komitmen PT FFI, sebagai pemegang waralaba KFC dan Taco Bell di Indonesia, dalam kelestarian lingkungan sudah berjalan sejak 1990-an. Penggunaan energi terbarukan, dengan pembangunan PLTS ini semakin menegaskan komitmen tersebut,”terangnya.

Keberadaan SPKLU di gerai KFC Indonesia juga merupakan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengisian listrik untuk kendaraan. Belakangan kehadiran kendaraan listrik semakin meluas dan diyakini akan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Sementara itu, PT Agra Surya Energy sebagai perusahaan manufaktur solar panel memandang bahwa penerapan PLTS oleh KFC Indonesia merupakan langkah yang dapat memberi inspirasi dalam mendukung ketahanan energi nasional. Langkah yang diambil KFC Indonesia dapat menjadi contoh bagaimana usaha menjaga kelestarian lingkungan memberi andil pada penghematan biaya operasional.

“KFC Indonesia menjadi restoran cepat saji pertama yang membangun PLTS dalam jaringan restorannya. KFC Indonesia juga telah merasakan penghematan biaya untuk kebutuhan listrik sejak kehadiran PLTS. Saya yakin hal ini dapat menjadi inspirasi banyak pihak dari berbagai industri untuk mengikuti langkah KFC Indonesia,” papar Dr AM Fachir, Presiden Komisaris PT Agra Surya Energy.

Kerja sama PT Fast Food Indonesia, Tbk dan PT Agra Surya Energy dalam pembangunan PLTS akan berlanjut pada gerai-gerai KFC Indonesia lainnya. Kedua perusahaan berharap kerja sama mereka dapat memberi andil yang lebih besar pada upaya kelestarian lingkungan, penghematan energi serta memperkuat ketahanan energi nasional.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.