Ekspor Perdagangan Indonesia ke Belanda Naik Signifikan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan bahwa neraca Perdagangan Indonesia dengan Belanda surplus diangka 2,9 billion U$D. Angka ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Bahwa kinerja perdagangan RI secara nasional per Agustus diangka 34 lebih miliar dollar. Itu tertinggi ya ditahun lalu. Itu angka Desember kalau sekarang baru di Agustus,” ungkap  Jerry dalam Forum Sinergi duta besar Belanda dan Indonesia, dengan tema memperkuat rantai nilai global industri Kalimantan Timur dalam kemitraan ekonomi Indonesia dan Belanda, dalam rangka rangkaian kunjungan kerja dan kegiatan BKSP DPD RI di Provinsi Kaltim, hotel Novotel, Balikpapan,Kamis (22/9/2022).

Untuk komoditas utama adalah perdagangan batu bara, CPO, nikel, elektronik, kayu dan produk turunan lainnya.

“Kaltim itu sumbernya. Kami bersyukur pak wagub hadir beri pencerahan dan ini kalau bicara kerjasama dagang gak sekali dua kali tapi kontinue dan produk-produk itu sudah diekspor sejak lama. Dan itu jadi salah andalan pemerintah daerah yang sangat kontributif,”katanya.

Capaian itu kata Jerry luar biasa berdasarkan kerja keras semua pihak bukan hanya Perdagangan tapi DPD, pengusaha, birokrasi dan masyarakat.

“Mudah-mudahan bisa sering digelar dan jadi dorongankita semua yang penting daerah juga harus banyak terlibat karena semua produk barang-barang  yang mau diekspor hubungan dagangan itu kan letaknya kan di daerah sehingga kami butuh support dari teman-teman di daerah,” katanya.

Bicara hubungan kedua negara, Jerry menilai hubungan diplomatik Indonesia –Belanda yang dijalin hubungan diplomatik melalui Kementerian Luar Negeri.

“Kami banyak bersinergi dengan kementerian luar negeri dengan pemda, pemprov, pemkab, pemkot. Termasuk DPD. Ini kerja semua tim, semuanya. Maka saya senang hadir disini bisa brandstorming kita semua,” ucapnya.

Baca juga ini :  Timo Scheunemann Tandatangani Kontrak Dua Tahun

Pihaknya butuh masukan dan suport dari pemda termasuk Kaltim dan diharapkan jadi semangat bersama untuk meningkatkan hubungan dagang kedepan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.