Festival Sandeq di Pantai BSB

Festival Sandeq, Kerjasama Saling Menguntungkan Balikpapan dan Sulbar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Festival Sandeq berlanjut di pantai BSB, Kamis sore (8/9/2022).

Di pantai BSB, 34 perahu sandeq berlayar dari Manggar ke BSB sekaligus lomba tercepat Sandeq dan dilanjutkan dengan formasi segitiga.

Kegiatan ini ditonton ratusan pengunjung pantai BSB dan disaksikan Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik, bersama wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan enam bupati se Sulbar serta tamu undangan diatas restoran Coral Blue.

Hampir seluruh pengunjung mengabadikan kedatangan perahu Sandeq saat tiba berlayar di pantai BSB.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, Festival Sandeq adalah bagian dari strategi kerja sama antara Balikpapan dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Dalam Festival Sandeq yang di gelar selama dua hari, 7-9 September juga hadir Penjabat Gubernur Sulbar dan seluruh bupati.  Salah satu yang menjadi sasaran kerja sama adalah sektor pangan.

“Kerja samanya bukan hanya perahu Sandeq ini, tapi menghadirkansemua kepala daerah, bupati-bupati termasuk gubernur . menjalin kerja sama kita, khusus perekonomian dan perdagangan,” ujar Rahmad kepada awak media, Kamis (08/09/2022)

Menurutnya. Sulawesi merupakan daerah terdekat dengan Kaltim. Sehingga sangat strategis  untuk suplai kebutuhan pangan. Apalagi, kini menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Balikpapan sebagai daerah penyangga.

“Kebutuhan logistiknya mau dari mana yang terdekat dari Sulawesi atau Sulbar, dagingnya, sayur mayurnya, telurnya, berasnya dari Sulbar kan sebagian besar,” ujarnya

“Tujuan utama sebenarnya itu menjalin kerja sama perdagangan untuk mendukung perpindahan penduduk yang cukp besar karena IKN, kebutuhan-kebutuhan logistik,” ujarnya

Sehingga lanjutnya, akan saling menguntungkan bago kedua belah pihak. ”Disana penyedia, kita konsumen. “Dia sana produsen, kita konsumennya, kita yang punya duit,” ujarnya.

Sementara itu, sore tadi di gelar Festival Sandeq atau lomba cepat di Pantai Balikpapan Super Blok (BSB). Karena kapal Sandeq hanya mengandalkan angin.  

Baca juga ini :  Tak Punya Anggaran, Pemkot Balikpapan Gandeng CSR Perusahaan untuk Pengelolaan Lingkungan

“Ini atraksinya lomba dari Manggar ke BSB, siapa yang tercepat karena tidak menggunakan mesin, hanya menggunakan layar dengan bantuan angin,” ujarnya

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.