Home / iniFLASH / Giliran Pelaku UMKM Siap-Siap Dirapid Test
Andi Sri Juliarty

Giliran Pelaku UMKM Siap-Siap Dirapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan akan melanjutkan skrining rapid test ke pelaku UMKM yang rencana digelar  Rabu (3/6/2020). 
Tim menyiapkan 1360 alat rapid test yang tersebar di 34 puskesmas. 

Juru bicara Gugus Tugas, dr Andi Sri Juliarty mengatakan setiap pelaku usaha termasuk kuliner, UMKM dapat mendaftar diri ke puskesmas yang sudah disiapkan. Karena rata-rata puskesmas akan melayani 40 orang. 

“Masing-masing puskesmas di masing-masing kelurahan memiliki kuota 40 alat rapid test. Tata cara untuk dapat mengikuti rapid test tetap sama, yaitu mendaftar melalui hotline puskesmas yang kami share,” jelas perempuan yang biasa disapa dr Dio. 

Pelaku UMKM termasuk kelompok yang berhadapan dengan masyarakat langsung karena itu mereka rentan terpapar covid-19. 
Untuk itu, pendataan pelaku kuliner ini,  menjadi tugas masing-masing puskesmas yang selama ini juga melakukan memberikan pendampingan kepada mereka. 

“Kan puskesmas yang bertugas membina mereka. Jadi Puskesmas tahu siapa yang berhak mengikuti rapid test di wilayahnya. Kan ada pembinaan kesehatan, kebersihan makanan, dan kebersihan lingkungan oleh puskesmas,” tandas Kepala DKK ini.

Sebelumnya gugus tugas sudah menyasar skrining rapid test kepada pelaku moda transportasi Balikpapan termasuk ojol, ojek pangkalan, supir angkot. Termasuk para tenant yang bekerja di mall-mall, pedagang soto di Klandasan, pedagang tiga pasar rakyat dan juga imam masjid dan permukaan agama di Balikpapan saat sebelum pelaksanaan Idul Fitri lalu. 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Polda Kaltim Berhasil Amankan Spesialis Pencuri Tali Kapal

Direktorat Polairud Polda Kaltim gelar Konferensi Pers terkait pengungkapan kasus pencurian tali kapal, yang di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.