HKG TP PKK ke 50 Tahun, dan BBGRM ke 19 Dibuka Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, di Dome Balikpapan, Senin (1/8/2022).

Gubernur Resmi Buka HKG ke 50, Beri Semangat TP PKK Kabupaten/Kota Untuk Kalahkan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di kota Balikpapan resmi dibuka Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan juga Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kaltim Hj. Erni Makmur Hadi Mulyadi, di Dome, Senin (1/8/2022) malam.

Pembukaan ditandai dengan penekan tombol bersama di atas panggung dengan layar digital besar bertuliskan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK tingkat Provinsi Kaltim Bulan Bakti gorong royong Provinsi Kaltim ke 19 tahun serta kembang api.

Peringatan ini digelar selama tiga hari diikuti 10  tim penggerak PKK kabupaten kota se Kaltim.

Dalam sambutan Isran meminta TP PKK kabupaten kota untuk terus bekerja dan semangat dalam pemberdayaan keluarga dan masyarakat. TP PKK Kabupaten kota tidak perlu kalah semangat dengan TP PKK Kota Balikpapan yang kerap juara umum setiap kali digelar lomba-lomba pada peringatan HKG Provinsi Kaltim.

“Yang lain jangan kalah semangat. Ini jadi persoalan, wah gak bisa kalahkan Balikpapan fasilitasnya banyak. Gak bisa begitu, justru kurang fasilitas, sedikit itu kalau kita berhasil itu artinyabisa menggunakan sumber daya yang tersedia,” katanya memberikan semangat kepada TP PKK se Kaltim.

Dalam peringatan HKG ini diserahkan piala bergilir Gubernur dari Ketua TP PKK Balikpapan Hj. Nurlena kepada Wakil Ketua I TP PKK Kaltim Hj. Erni Hadi Mulyadi disaksikan gubernur dan Wali Kota Balikpapan.

Pada akhir pembukaan HKG dihibur dengan penampilan TP PKK dari 10 kabupaten kota. Penampilan dan defile dari kontingen TP PKK kabupaten/kota langsung dilombakan dinilai dan akan diumumkan pemenangan pada hari Rabu/terakhir penutupan.

Dalam penampilan perdana ini, masing-masing TP PKK menghadirkan kekhas daerahnya dengan identitas Kaltim seperti PKK Kubar, Kukar, Mahakam Ulu, Paser, PPU, Berau, dan  Kutim, termasuk Kota Samarinda, Bontang dan Balikpapan. Penampilan mereka pun mendapat dukungan langsung dari pendukung masing-masing daerah.

Baca juga ini :  Balikpapan Targetkan Masuk 3 Besar Lomba MTQ Tingkat Provinsi

“Tadi juga sudah dibuka pameran/expo dari masing-masing kabupaten Kota yang dibuka ibu wali kota.Tim penilai  sulit menilai untuk menentukan siapa yang paling bagus karena rata-rata bagus, kreatif semua,” ucap Gubernur Kaltim Isran Noor dalam sambutan.

Gubernur berharap kegiatan ini berjalan lancar, sukses dan bermanfaat. “Pasti bermanfaat. Ibu-ibu ini paling sibuk dalam rumah tangga. Kegiatan ibu-ibu paling banyak terutama peringatan-peringatan,” tambahnya.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan ketika berbicara pemberdayaan keluarga dan masyarakat dengan sifat kultural masyarakat Indonesia yang berkarakter gotong royong, maka PKK menjadi bagian tidak terpisah didalamnya.

Peringatan 50 tahun PKK dan BBGRM  ke 19 dengan tema berbakti untuk bangsa berbagi untuk sesama dan menggelorakan gotong royong masyarakat menuju Kalimantan Timur yang berdaulat.

“Tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan serta partisipasi masyarakat. Semua pihak dapat menguatkan interaksi sosial yang dirasa menurun. PKK diharapkan dapat mengajak keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga yang sejahtera, cerdas dan tangguh,” ujarnya.

“Sejatinya, jati  diri bangsa Indonesia dengan gotong royong ini menjadi  ruh dalam upaya memberdayakan masyarakat,” sambung Wali Kota Balikpapan

Pada kesempatan tersebut, Rahmad juga mengajak masyarakat untuk tidak kendur dan tetap disiplin pada prokes karena covid-19 masih ada di lingkungan kita.

HKG ke 50 ini pada hari kedua atau Selasa (2/8/) akan dilanjutkan dengan penanaman pohon di Kebun Raya Balikpapan, Tracking dan wisata alam. Ditempat terpisah digelar lomba-lomba yang diikuti  kelompok kerja dari TP PKK 10 kabupaten kota. Diantara lomba tersebut yakni lomba penyuluh pada pokja 1,2,3,4 dan sekretaris, lomba aku hatinya PKK, lomba Dasa Wisma, Iva Test, dan lomba lainnya. Diselingi pula lomba gembira dan pada malam hari digelar ramah tamah dihibur artis ibukota.

Baca juga ini :  Balita Usia 1,9 Tahun Warga GSI Tewas Terlindas Mobil

Sedangkan pada hari ketiga, Rabu (3/8) juga penutup  rencananya digelar pencanangan BBGRM ke 19 tingkat provinsi Kaltim. Pada kegiatan ini ada pemberian penghargaan juga  penyerahan secara simbolis alat-alat gotong royong oleh gubernur kepada juara lomba BBGRM.

Kegiatan penutup hari ketiga yang digelar pagi ini diisi pula dengan pembagian hadiah kepada juara lomba-lomba yang digelar TP PKK  provinsi.

Pada pembukaan HKG PKK  ke 50  dan BBGRM ke 19 tahun tingkat Provinsi Kaltim ini dihadiri Panglima Kodam Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi, perwakilan Polda Kaltim, perwakilan DPRD Kaltim, bupati wali kota se kaltim beserta istri yang juga Ketua TP PKK kabupate/kota. Muspida kota Balikpapan, pimpinan OPD Balikpapan serta LPM se Balikpapan dan perwakilan LPM Kaltim.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.