Pemudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan

Gunakan Aplikasi InaRISK dan Peta Jalur Mudik untuk Mengetahui Daerah Rawan Bencana

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Jelang hari raya idulfitri 2022, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat waspada potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, BNPB memiliki aplikasi InaRISK dan peta mudik rawan bencana, dengan adanya hal-hal tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan. 

“Masyarakat diimbau mengunduh aplikasi InaRISK dan memanfaatkan peta jalur mudik yang dikeluarkan BNPB,” ujar Suharyanto dalam siaran persnya

“Hal ini untuk memudahkan masyarakat untuk mengetahui apakah lokasi tersebut merupakan rawan bencana dan mengetahui langkah-langkah untuk meningkatkan kesiapsiagaan,” imbuhnya. 

Terkait mudik aman Covid-19, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional mengatakan, pemudik harus memiliki aplikasi PeduliLindungi karena pengecekan status vaksin akan dilihat dari aplikasi tersebut.

“Masyarakat yang ingin mudik diharapkan mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu cara untuk mengetahui apakah pemudik sudah melakukan vaksinasi booster atau belum,” kata Suharyanto. 

Suharyanto menegaskan untuk mudik kali ini pemerintah tidak melakukan penyekatan seperti sebelumnya. 

“Mudik kali ini tidak ada penyekatan seperti mudik sebelumnya, apabila ditemukan adanya pemudik yang belum melengkapi dosis vaksin, dapat melakukan vaksinasi di tempat yang telah disediakan,”ujarnya. 

Comments

comments

Baca juga ini :  Jalin Silahturahmi, Kapolda Kaltim Terima Kunjungan Danlanud Dhomber Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.