Home / covid-19 / Hadapi Resesi, Pemkot Balikpapan Diminta Siapkan Opsi
Thohari Azis

Hadapi Resesi, Pemkot Balikpapan Diminta Siapkan Opsi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menyiapkan beberapa opsi jika Indonesia mengalami resesi. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Azis.

“Kita harus sesegera mungkin mengantisipasi dan menyiapkan opsi, mudah-mudahan jangan sampai resesi terjadi di Kota Balikpapan,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu opsi yang harus dimaksimalkan yakni peran meningkatkan UMKM agar perekonomian Kota Balikpapan terjaga. Diantaranya, masyarakat diminta untuk berbelanja di warung-warung sekitar tempat tinggal

“Mengajak masyarakat berbelanja di tetangganya sehingga perputaran uang di masyarakat itu bisa berjalan, karenanya UMKM itu penting,” katanya.

“Kita harus mendorong untuk menghidupkan sektor UMKM. Jadi harus dimaksimalkan karena peran UMKM itu sangat penting terhadap perekonomian,”sambungnya.

Pihaknya juga minta penyerapan anggaran daerah dimaksimalkan sesuai ajuran Presiden Joko Widodo. “Agar tidak terjadi sisa lebih penggunaan anggaran. Kalau maksimal dilaksanakan dan dibelanjakan ke masyarakat, ekonomi tetap jalan,” ujarnya.

Begitupun,APBD Perubahan 2020 maupun APBD 2021 juga harus benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat terbawah yang sangat terdampak pandemi covid-19 dengan berbagai kebijakkan yang hyarus dikeluarkan.

‘”Program dalam APBD harus realistis yang menyentuh masyarakat  mulai dari kesehatan, jaring pengaman sosial dan recovery economy,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Masih Ada Puluhan Karyawan PHKT Platform Sepinggan Belum Keluar Hasil Swab

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebanyak 66 karyawan perusahaan Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) yang yang bekerja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.