HUT Korpri, Dirangkai Ziarah Makam ke TMP Dharma Agung

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Ditengah guyuran hujan, Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan tetap semangat melaksanakan upacara dan ziarah kubur, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung, Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, pada hari Selasa (29/11/2022).

Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Korpri, dipimpin oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Balikpapan Agus Budi Prasetyo, dan diikuti oleh seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Dilanjutkan, dengan peletakkan karangan bunga di tugu TMP Dharma Agung, sebagai simbol penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan.

Usai upacara, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Balikpapan, mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud melakukan ziarah kubur, diikuti seluruh peserta upacara.

Ziarah berawal ke makam mantan Wali Kota Balikpapan alm H Tjutjup

Suparna dan diakhiri di makam H Imdaad Hamid, dengan menaburkan bunga dan berdoa bersama.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo menyampaikan, kegiatan ziarah kubur rutin dilakukan dengan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

“Ini menjadi bagian kita, untuk mengingat perjuangan mereka, terutama perjuangan para pendiri dan Wali Kota Balikpapan sebelumnya. Apa yang sudah mereka lakukan itu menjadi pengingat kita, supaya dapat bekerja lebih baik dan profesional lagi,” jelasnya saat ditemui usai ziarah kubur.

Pada peringatan HUT ke 51 Korpri berharap ASN Kota Balikpapan dapat terus profesional, mengabdi, melayani, berkontribusi dan berinovasi untuk negeri, khususnya Kota Balikpapan.

“Itu menjadi penting bagi Korpri saat ini ditengah situasi kita, masyarakat dinamis dan persiapan Balikpapan menjadi beranda Ibu Kota Negara. Korpri tetap dituntut, untuk lebih profesional lagi,” terangnya.

Baca juga ini :  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun Ini akan di Gelar di IKN

Momentum HUT ke 51 Korpri, berbagai kegiatan telah dilaksanakan mulai dari upacara, ziarah kubur, perlombaan olahraga termasuk lomba paduan suara. 

“Kebetulan kita mengikuti kejuaraan Porprov Korpri di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kita menjadi juara umum dan mendapatkan sembilan medali emas,” ucapnya.

Pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-51 Korpri juga dilaksanakan di Halaman Balai Kota Balikpapan, Senin (29/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didaulat menjadi inspektur upacara yang dihadiri sejumlah kepala OPD dan anggota Korpri di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Wali Kota menyampaikan apresiasi dan selamat HUT ke-51 Korpri diusianya yang semakin matang, anggota Korpri bisa memantapkan diri perannya sebagai aparatur penggerak pembangunan negara.

“Apresiasi juga kepada Korpri di lingkungan Pemkot Balikpapan, bekerjalah dengan ikhlas dan tulus mengabdikan diri untuk bangsa dan negara kita,” ujar Rahmad Mas’ud.

Rahmad juga mengajak untuk mendoakan dan mendukung mereka yang ikut ajang Porprov Kopri di Kukar. Dimana Balikpapan masih memimpin dengan raihan 9 emas.

“Semoga bisa terus dipertahankan dan jadi juara umum,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panhut ke-51 KORPRI Tahun 2022 Unit Pemerintah Kota Balikpapan Arfiansyah mengucapkan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada teman teman anggota KORPRI khususnya yg telah menghadiri Upacara dan Ziarah Taman Makam Pahlawan Dharma Agung, walaupun hujan gerimis tetap setia hadir di acara.

“Hal ini perwujudan sikap KORPRI yang tangguh siap mengabdi untuk Bangsa Indonesia dan semoga menjadi ladang ibadah untuk kita semua,” aku Arfiansyah.

Arfi menambahkan, kegiatan Upacara dan Ziarah Taman Makam Pahlawan ini merupakan kegiatan puncak HUT KORPRI ke-51 Tahun 2022 yang bertepatan dgn HUT KORPRI, namun masih menyisakan satu agenda lagi yang cukup ramai, tunggu saja tanggal mainnya.

Baca juga ini :  Balikpapan Mulai Beralih ke Energi Baru Terbarukan

Dalam upacara HUT Korpri, Wali Kota juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah ASN yakni penyerahan Satyalencana X kepada Umar Hadi Seketaris Kecamatan Balikpapan Tengah, Satyalencana XX kepada Syarifah Nurul Komar kelurahan Sumber Rejo, Satyalencana XXX Kelurahan Priharto dari Dinas Kesehatan Kota.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.