IKN, Bagian Pemerataan Pembangunan dan Peradaban Baru

PENAJAM, Inibalikpapan.com – Pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru dipastikan akan berdampak terhadap kemajuan pembangunan Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
Untuk itu, perlu kesiapan SDM yang handal dengan dukungan dan kerjasama seluruh stakeholder.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU, Muhammad Bijak Ilhamdani menilai pemindahan ibukota akan berdampak positif bagi daerah. Untuk itu dukungan dan kesiapan harus dilakukan bersama seluruh stakeholder.

“Kami dukung IKN Nusantara karena akan berdampak terhadap pembangunan dan perekonomian di Kaltim,” ujarnya di Penajam, (1/10/2022).

Ilhamdani melihat pembangunan IKN di Kaltim mendapat dukungan dari masyarakat. Ekonomi akan tumbuh secara bersamaan namun pemerintah daerah bersama provinsi serta pusat harus bersama-sama melakukan upaya serius dalam penanganan SDM. termasuk kemampuan pengembangan Ekonomi daerah dan UMKM.

“Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, harus menyiapkan pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan usaha di IKN Nusantara,” katanya.

Pada kunjungan Presiden Joko Widodo selasa, (25/10/2022) ke IKN, Muhammad Bijak Ilhamdani menyebut bahwa dari kunjungan itu, pembangunan IKN akan sesuai eskpektasi dan harapan.

“Tentu masyarakat semakin optimistis dengan pembangunan IKN Indonesia baru, Presiden Jokowi menyatakan dalam kunjungan kerja, bahwa kemajuan pembangunan IKN Nusantara sesuai ekspektasi dan harapan,” katanya.

Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesiasentris. Melalui pembangunan IKN, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa.

“Indonesia perlu keadilan ekonomi, sekali lagi ada 17 ribu pulau, bukan hanya satu pulau. Perlu kesetaraan pembangunan, perlu pemerataan pembangunan. Ini yang ingin kita hadirkan yaitu dengan membangun Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden dalam sambutan kegiatan bertajuk Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Baca juga ini :  Pemerintah dan BI Luncurkan Tujuh Pecahan Uang Kertas Baru

Presiden juga menegaskan bahwa pemindahan ibu kota ke Nusantara merupakan langkah Indonesia untuk membangun budaya kerja, pemikiran, dan basis ekonomi baru.

“Jika kita tidak berani transformasi dari sekarang, sampai kapan pun kita akan sulit jadi negara maju,” tandas Jokowi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.