Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto usai dilantik Presiden Jokowi. (tangkapan layar/suara.com)

Ini Alasan Presiden Menunjuk Zulkifli Hasan Jabat Mendag dan Hadi Tjahjanto Jabat Menteri ATR

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan resmi menjabat Menteri Perdagangan (Mendag) dan mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN).

Presiden Joko Widodo melantik langsung keduanya di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022). Sebelum pelatih Presiden Jokowi sempat bertemu para Ketua Umum Partai Politik (parpol) koalisi.

Presiden Jokowi pun menyampaikan alasannya memilih keduanya masuk dalam jajaran kabinet. Selain rekam jejak juga melihat kemampuan mereka dalam menjalankan tugas selama ini,

“Saya melihat pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan,” ujar Jokowi.= dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Menurut Presiden Zulkifli Hasan cocok menjabat Mendag menggantikan Muhammad Lutfi yang dianggap tak mampu menyelesaikan persoalan khususnya terkait kebutuhan di masyarakat.

“Kalau urusan ekspor saya kira juga menjadi urusan menteri perdagangan tapi yang lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri, harus bisa jaga,” ujarnya.

Sementara itu menunjuk Hadi Tjahjantosebagai Menteri ATR/BPN berdasarkan pengalamannya sebagai Panglima TNI yang dianggap mampu menguasai teritori dan menuntaskan permasalahan khususnya sengketa tanah.

“Sengketa lahan harus sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan. Kedua, urusan sertifikat, harus sebanyak-banyaknya juga bisa diselesaikan dan saya meyakini, pak Hadi memiliki kemampuan untuk itu,” uajrnya

Apalagi juga akan menangani lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pasca pemindahan Ibu Kota. “Termasuk di dalamnya urusan lahan tanah yang berkaitan dengan IKN,” ujar Jokowi

Comments

comments

Baca juga ini :  Bosan di Rumah, Ibu Muda Ini Pilih Bisnis Sabu di Rumah Tahanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.