logo inibalikpapan

Ini Kronologis Upaya Ciptakan Situasi Kondusif di Penajam

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Polda Kaltim memastikan situasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sudah berlangsung kondusif, sejak Rabu (16/10) malam. Hal itu disampaikan langsung Kabiud Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Dia mengatakan, sebenarnya sejak Selasa (15/10) lalu, telah dilakukan upaya mediasi dan dialog dengan tokoh-tokoh setempat yang langsung dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Pryo Widyanto dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

“Hari Selasa itu sebenarnya sudah ada pertemuan yang langsung dihadiri Pak Kapolda, Pangdam di Penajam itu sudah ada pertemuan dengan tokoh-tokoh,” ujarnya

“Dalam artian untuk menyerahkan sepenuhnya permasalahan yang memang pernah terjadi yaitu seminggu yang lalu ada permasalahan pidana yang kebetulan korbannya dari pihak yang melakukan unjuk rasa,”

Esoknya, Rabu (16/1), massa korban melakukan unjuk rasa kembali. Karena upaya dialog dan pertemuan yang dilakukan rupanya tidak memuaskan dan taka da kata sepakat. Kemudian, sekitar pukul 15.00 Wita massa yang melakukan unjuk rasa mulai banyak dan terjadilah pembakaran.

“Ya jadi memang 16 oktober ada pembakaran oleh massa yang pada awalnya mereka melakukan kegiatan unjuk rasa dengan sasaran pelabuhan penyeberangan. Sudah dilakukan dengan pihak kepolisian setempat, ada semacam dialog, namun tiodak ada kata sepakat,” ujarnya

“Permasalahan berlanjut, massa tambah banyak, akhirnya sekitar pukul 15 sore itu massa melakukan upaya-upaya pelanggaran hukum yaitu pembakaran terhadap fasilitas-fasilitas umum pelabuhan umum, kalau orang disini bilang kapal klotok Yang menghubungkan Penajam dengan Balikpapan akhirnya pelabuhan saat ini tidak bisa berfungsi, pelabuhan penyeberangan,”

Setelah ada kaaksi pembakaran, kemudian sekitar pukul 17.00 Wita, Kapolda bersama sejumlah pejabat Polda Kaltim diantaranya Karo Ops dan Denintel kembali ke Penajam. Sebelumnya Polda Kaltim sudah menempatkan pasukkan di Penajam untuk menjaga situasi   

Baca juga ini :  Balikpapan Dukung Program Kota Tanpa Kumuh

“Memang sebelumnya dan dari Makasar Brimob . Sebelumnya sudah ada BKO dari pasukkan Polda, dari Shabara dan muapun Brimob. Alhamdililah tadi sekitar pukul 19 sudah bisa diatasi,” ujarnya

“Dari pemadam kebakaran sudah bisa masuk melakukan upaya pemadaman beberapa sarana dan prasarana yang terbakar, ada juga rumah yabn terbakar dan alahmudililah saat ini sudah bisa diatasi dan terkendali,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.