Rapat dengar pendapat antara Komisi III DPRD Kota Balikpapan dengan Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang

Ini Sejumlah Proyek Pembebasan Lahan yang Belum Rampung

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Komisi III DPRD Kota Balikpapan membeberkan masih ada kegiatan pembebasan lahan khususnya untuk kegiatan yang dibiayai Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Kaltim yang belum rampung.

“Tahun 2021 ini ada beberapa kegiatan Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang (DPPR) yang kami angggap strategi, tapi punya masalah,” ujar Sekretaris Komisi III Kota Balikpapan Ali Munsjir Halim usai rapat dengar pendapat, Selasa (19/01/2021).

Ali Munsjir mengatakan, diantaranya yang belum rapung lahan Institut Tekhnologi Kalimantan (ITK) dari 300 hektar baru sekitar 140 hektar yang telah dibebaskan. Tahun ini dianggarkan Rp 6,6 miliar dalam APBD Kota untuk pembebasan lahan.

“Lahan ITK yang didalam kesepakatan untuk pembebasan lahan dibebankan ke Pemerintah Kota sebagain dan sebagian lagi Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Menurutnya, karena masih belum rampung dan periode Wali Kota 2016-2021 akan berakhir maka akan dilanjutkan Wali Kota baru. Sehingga dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) karena bertahap.

“Sudah dimasukkan dalam perencanaan menyusun RPJMD Wali Kota terpilih. Tahun ini oleh DPPR sudah dianggarkan Rp 6,6 miliar,’ ungkapnya.

Kemudian pembebasan lahan Embung Aji Raden juga belum rampung. Hingga tahun kemarin lahan yang telah dibebaskan seluas 8,23 hekta. “Pembebasan lahan Aji Embung Raden itu Rp 13,4 miliar itu masih tersisa belum habis,” ujarnya.

Lalu yang juga belum rampung pembebasan lahan Waduk Tritip. Hanya saja untuk pembebasan lahannya tanggungjawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III.

“Waduk Tritip tapi pembebasan lahannya kewajibannya bukan di kita, ada di Balai Wilayah Sungai. Kita hanya menyiapkan pendamping saja. Jadi dana pendamping saja sebesar Rp 1,07 miliar,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk Taman Bekapai rencananya akan diselesaikan persoalan ganti rugi tahun ini. “Taman Bekapai sisa yang akan dibayar Rp 2,6 miliar, kalau sudah terbayar clear persoalan Taman Bekapai,” tukasnya..

Comments

comments

About glen

Check Also

Sebulan Kepergian Thohari Azis, Keluarga Masih Trauma

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sebulan pasca Thohari Azis Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih yang meninggal dunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.