INSA: Pandemi Corona Pengaruhi Industri Perkapalan

BALIKAPAPAN, Inibalikpapan.com — Pandemi corona mempengaruhi aktivitas bisnis pelaku industri kapal dalam hal ini sektor pelayaran dan perkapalan.  

Ketua Indonesia National Shipowners Association (INSA) Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan anggota INSA Balikpapan saat ini terdata 79 orang. Anggota bukan dari industri kapal angkutan logistik namun juga angkutannya pelataran dan penumpang.

Anggota INSA Kota Balikpapan, kata Rahmad, juga turut merasakan imbas pandemi covid 19.
“Pasti ada pengaruhnya tapi ini belum signifikan sekali karena Anggita INSA di Balikpapan kebanyakan. Sektor pelayaran dan penumpang,” kata Rahmad.

Diakui Rahmad anggota INSA di Balikpapan belum berperan signifikan terhadap industri logistik perkapalan, karena sebagian besar bergerak di bidang pelayaran dan penumpang.
“Memang ini penting sekali roda ekonomi harus tetap berputar ditengah covid terutama kebutuhan logistik yang masuk,” kata Rahmad.

Rahmad mengatakan di Balikpapan areal perkebunan dan pertanian sangat terbatas. Sehingga 95 persen logistik di Balikpapan, khususnya bahan kebutuhan pokok didatangkan dari Surabaya dan Sulawesi.

Pihaknya terus jalin koordinasi dengan pihak pemasok, agar distribusi logistik ke Balikpapan selama pandemi tetap berjalan tanpa kendala. 
“Karena dari 95 persen pangan seperti beras, daging, telur mayoritas luar. Karena geografis Balikpapan tidak ada perkebunan dan pertanian. Tetapi Balikpapan posisi yang strategis berhadapan dengan ALKI ll Selat Makassar. Peranan dunia maritim inilah yang sangat kita perlukan untuk menopang ekonomi yang ada di Kaltim dan Balikpapan khususnya,” beber Rahmad.

Adapun standar protokol pencegahan Covid-19 bagi kapal kapal luar daerah yang masuk ke Balikpapan, kata Rahmad, telah dijalankan dengan baik oleh KKP dan KSOP. Standar kesehatan tersebut diantaranya anak buah kapal diharuskan menjalani rapied tes di KKP.

“Tentu sesuai standar maritim. Kapal masuk harus di cek, terutama kru kru kapal jangan turun sebelum ada hasil rapied Test yang dilakukan kawan kawan di pelabuhan,” kata Rahmad menekankan.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Bawaslu Balikpapan Bingung dengan Kegiatan Kokos Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bawaslu Balikpapan mengaku telah melihat video durasi 43 menit yang berisi tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.