Instalasi Farmasi Siapkan SOP Penyimpanan Vaksin, Suhu Udara dan Pengecekan Rutin Dikontrol

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan (IFK) kedatangan Vaksin Covid-19, Senin siang (25/01/2021).

Vaksin Sinovac ini langsung disimpan di Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota (DKK) tepat disamping Puskesmas Mekarsari Balikpapan Tengah, sebelum disalurkan kembali ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Balikpapan pada Selasa dan Rabu (26-27 Januari).

Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota, Endah Rahmawati mengatakan, sejauh ini dari 12 ribu vaksin covid-19 yang dikirim ke IFK tidak ada masalah untuk tempat penyimpanannya.

“Kami siap menerimanya selanjutnya akan didistribusikan ke faskes-faskes yang ada di Balikpapan,” ujar Endah Rahmawati kepada awak media, Senin (25/01/2021).

Selain menyiapkan IFK, secara rutin kegiatan petugas juga berjalan dengan sesuai SOP, termasuk untuk ruangan yang sudah sesuai suhu dan kelembapannya.

“Kemudian chiller atau tempat untuk menyimpan vaksin juga sudah diatur suhunya, juga harus secara rutin dikalibrasi untuk menjamin dalam penyimpanan vaksin baik baik saja,” akunya.

Endah menambahkan, hal ini sesuai denga vaksin yang harus disimpan sesuai karakteristiknya, ada yang sifatnya sensitif panas dan ada yang sensitif dingin.

“Jika vaksin tidak dikeluar akan dikontrol pencatatan secara manual untuk vaksin tersebut di dalam chiler suhunya kita catat pagi dan sore.kemudian perekaman data secara elektronik, itu kita lakukan setiap satu bulan sekali,” jelasnya.

Terkait untuk daya listrik yang ada di IFK, dikatakan Endah masih cukup dan juga sudah ada penambahan daya kemudian penanganan listrik pada saat mati lampu, juga sudah disiapkan petugas yang akan mengoperasionalkan genset.

Di IFK ini juga sudah ada 9 dometik atau jenis chiller tempat penyimpanan, yang terdiri dari dometik 2000 sama dometik 3000. bedanya, dometik 2000 lebih kecil kapasitasnya.

Baca juga ini :  Masih Dikonsultasikan Rencana Observasi 30 Jamaah Umroh asal Kaltim

“Jadi untuk vaksin covid-19 ini kita siapkan di dometik 3000 apabila ada kekurangan atau penambahan kita bisa geser di dometik 2000,” jelasnya.

Ketika akan dikirim ke faskes, maka vaksin akan dimasukan ke dalam carrier. Dengan jumlah vaksin sesuai yang dibutuhkan oleh faskes tersebut.

“Untuk vaksin covid rencananya akan diantar, biasanya tiap faskes juga sudah dilengkapi carrier untuk tempat penyimpanan vaksin,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.