Wali Kota Rahmad Mas'id bersama Forkopinda berada diatas kapal ;pinisi

Wali Kota : Investor Kapal Pinisi Tertarik Berinvestasi di Teluk Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terus berupaya mengembangkan wisata bahari di Teluk Balikpapan untk mendongkrak sektor pariwisata.

Terbaru pengusaha kapal pinisi tertarik berinvestasi di Teluk Balikpapan. Kapal Pinisi dari Labuan Bajo didatangkan. Wali Kota Rahmad Mas’ud bersama Forkompinda di undang melihat kondisi kapal dan menyusuri teluk Balikpapan hingga Jembatan Pulau Balang.

“Ini program dari Dinas Pariwisata dan Olahraga, kami ini diundang oleh investornya, pengusaha Pinisi untuk memperkenalkan kepada kita,” ujar Wali Kota Rahmad Mas’ud, sebelum menaiki kapal Pinisi, Selasa (18/10/2022)

“Kita tanya dulu kapasitas kapal berapa, kapasitasnya 50 orang . Karena ini forkompinda yang kita bawa, paling tidak 50 persen bisa muatan, untuk keselamatan kita juga,”

Dia bersyukur ada investor yang mau berinvestasi turut mengembangkan sektor pariwisata bahari. Karena sesuai visi dan misi Balikpapan sebagai daerah wisata, selain jasa dan industri.

“Kita syukuri ada investor yang mau menindaklanjuti visi misi kita mengembangkan wisata, salah satunya wisata bahari Mereka mendatangkan kapal ini dari Labuan Bajo untuk dipakai disini untuk menunjang pariwisata Bahari di Kota Balikpapan,” katanya.

“Kita tunggu juga pengusaha-pengusaha yang lain yang mau khususnya berinvestasi menghidupkan pariwisata bahari Balikpapan semua terbuka,”

Sebelumnya juga sudah ada kapal Pinisi yang sempat bekerjasama dengan Pemkot Balikpapan. Namun kerjasama tersebut tidak langsung lama, karena kapal tersebut balik ke Makassar.

“Yang kemarin polanya belum dapat sehingga mereka harus ditunggu di Makassar,. Karena harus di pakai di Makassar juga,” ujarnya.


“Yang ini ada investor baru yang mau berinvestasi, mudah-mudahan mereka selamanya beroperasi disini,”

Dia meminta dukungan seluruh pihak, termasuk perusahaan-perusahaan untuk mengajak karyawannya untuk menikmati sunset dan keindahan di Teluk Balikpapan di sore hari.

Baca juga ini :  Kapolda Minta Polairud Ikut Tindak Tegas Penyeludup Narkoba Jalur Laut

“Tentunya mohon dukungan semua pihak, terutama perusahan-perusahaan yang ingin mungkin karyawannya ingin menikmati, sunset di sore Hari, di Tekuk Balikpapan bisa kita rekomendasikan naik kapal pinisi ini,” ucapnya.

Sementara dermaga yang telah diajukan akan digunakan di Somber. Rahmad mempersilahkan. Hanya saja tetap mengikuti ketentuan yang ada, termasuk biaya sewa.

“Dermaganya saya mendengar mereka mengajukan untuk makai dermaga di Somber, tapi kita sudah bilang itu ada regulasinya, ada aturannya, ada penyewaannya biayanya. Kalau mereka cocok, silahkan saja,” ujarnya.

“Sementara mereka berlabuh, mereka punya sekoci yang bisa naik turun, saya pikir bagus juga,” akunya.

Rahmad Mas’ud bersama forkompida menghadiri langsung peluncuran  Layar Phinisi Balikpapan. Kapal Phinisi tersebut didatangkan langsung  Labuan Bajo.

“Peluncuran kapal pinisi ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk memanfaatkan posisi Balikpapan yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar. kapal pinisi merupakan salah satu warisan budaya,” ujar Rahmad Mas’ud.

Menurutnya, nenek moyang bangsa indonesia. melalui tangan para panrita lopi Atau Ahli pembuatan kapal. Kapal Pinisi telah menjadi simbol kebanggaan.

“Tidak hanya untuk Indonesia namun dunia pun mengakuinya sebagai karya yang luar biasa. proses pengrajin kapal pinisi diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ujarnya.

“Saya berharap dan kita semua optimis dengan keberadaan Kapal Pinisi di Kota Balikpapan, dapat menjadi stimulus untuk membangkitkan lagi industri perkapalan wisata terkhusus di Kota Balikpapan,”

“Saya juga berharap semoga kapal mahligai pinisi ini bisa mengikuti jejak kegiatan perahu sandeq yang beberapa waktu lalu sukses kita laksanakan dan mendapatkan perhatian publik yang luar biasa, dengan kemajuan wisata bahari tentu juga akan menambah PAD,” harapnya.

Baca juga ini :  Tidak Ada Tanda Kekerasan pada Bayi yang Ditemukan di Kloset Toilet Bandara

“Saya juga ingin mengapresiasi penyedia wisata dan seluruh jajaran beserta warga yang telah mendukung kegiatan launching kapal Mahligai Pinisi ini,” akunya.

Bagi yang ingin melihat sunset sambil menikmati pesona bahari dan alam di Teluk Balikpapan, kini tidak perlu bingung lagi.

Semua itu bisa dinikmati diatas kapal Layar Phinisi Balikpapan yang kini siap melayani. Dengan harga tiket per pax 165.000, sudah bisa naik menikmati pemandangan diatas kapal Phinisi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.