Jamaah aolia di Gunungkidul gelar salat idulfitri hari ini, Minggu (1/5/2022)/suara.com

Jamaah Aolia di Gunungkidul Sudah Rayakan Idulfitri Hari Ini

GUNUNGKIDUL, Inibalikpapan.com – Sejumlah umat muslim di Kabupaten Gunungkidul, Jogyakarta telah merayakan Idulfitri pada Minggu (01/05/2022).

Ratusan warga di Kapanewon Panggang yang berada di sisi selatan Kabupaten Gunungkidul menggelar salat Idulfitri 1443 Hijriah pada Minggu pagi tadi.

Sejak Sabtu malam, gema takbir terdengar membahana dari toa masjid. Penentuan Hari Raya Idulfitri berdasarkan kalender mereka yakni 1 syawal jatuh pada hari Minggu 1 Mei 2022.

Pengasuh Jamaah Masjid Aolia Raden Ibnu Hajar Sholeh menuturkan, pihaknya memang memiliki teknik atau cara menentukan 1 Syawal sendiri.

Karena ada kalender yang sudah ditetapkan oleh para pendahulu mereka sebelumnya.”Berdasarkan perhitungan kalender kami memang tanggal 1 Syawal jatuh pada hari ini,”ujar dia.

Untuk menghindari kerumunan, gelaran salat Idulfitri kali ini mereka membagi jamaah menjadi 5 lokasi di mana semuanya diselenggarakan di masjid.

“Kita taat protokol kesehatan. Jadi kita bagi dalam 5 masjid di Gunungkidul,”papar dia.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gunungkidul, Sya’ban Nuroni menyatakan, sudah ada umat muslim yang menyelenggarakan salat Idulfitri hari ini.

Mereka adalah jamaah Aolia yang tersebar di beberapa wilayah. Di Girisekar Panggang ada dua masjid yang hari ini melaksanakan salat Ied.

Selain itu ada di Masjid Al Quba kalurahan Warak  dan Masjid Aolia di Kalurahan jeruken, serta Baleharjo dan Purwosari. 

“Tidak apa-apa asal saling menghormati,” ujarnya.

suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Peringatan Hari K3, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Kalimantan Serahkan Santunan ke Ahli Waris Korban Kecelakaan Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.