Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto

Jangkau Sampah di Pinggiran, DLH Akan Perbanyak Mobil Kecil dan Motor Roda Tiga

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Dinas lingkungan hidup atau DLH Balikpapan akan memperbanyak mobil-mobil kecil dan motor roda tiga yang dapat masuk dalam jalan dan gang sempit, untuk mengambil sampah masyarakat yang berada di pinggiran. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi sampah laut.

Hasil penelitian yang dilakukan Kementerian Kemaritiman selama satu minggu di Balikpapan, tentang asal muasal sampah laut. dan ternyata salah satu sumber sampah laut ini adalah dipemukiman warga yang tidak terlayani mobil angkutan sampah milik DLH.

Sehingga kedepan DLH membuat kebijakan untuk memperbanyak mobil-mobil kecil dan motor roda tiga yang dapat masuk dalam jalan dan gang sempit untuk mengambil sampah masyarakat yang berada di pinggiran atau ring 4 dan 5.

Kemudian sampah ini diangkat ke TPS dalam kondisi sudah terpilah. Yakni sampah kering ke bank sampah dan sampah basah diolah menjadi kompos. Kebijak ini diambil dengan harapanya sampah laut akan berkurang.

Kepala DLH Balikpapan Suryanto mengatakan mobil-mobil kecil dan motor roda tiga pengangkut sampah ini sudah ada 7 unit. Alokasi dananya diambil dari dana alokasi khusus dengan bantuan dari Kementerian LHK
“Saat ini jumlah ada 30 unit itu dari DAK Kementerian LHK,” sebutnya (26/9/2018).

Suryanto menambahkan kedepan kota Balikpapan masih memerlukan ratusan mobil-mobil kecil dan motor roda tiga untuk menjagkau setiap lingkungan rukun tetangga. “Harapan kita sih pengennya satu RT minimal satu kendaraan roda tiga,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Penyaluran Bansos Warga Terdampak Covid-19 dari Pemprov Kaltim Baru Sekitar 10 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.