Jelang Lebaran, DLU Akui Ada Kenaikan Penumpang 30 Persen

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — PT Dharma Lautan Utama (DLU) mencatat kenaikan penumpang menuju Surabaya, sebesar 30 persen jelang lebaran yang mengunakan armada kapal feri. 

“Sejak H-15 sudah mulai meningkat, khususnya ke Surabaya naik sekitar 30 persen,” kata Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Balikpapan, Muhammad Saleh.

Kata Saleh, jika kapal tujuan Surabaya sudah mengalami peningkatan penumpang, armada DLU menuju Parepare, Sulawesi Selatan, hingga saat ini belum menunjukkan tanda peningkatan permintaan tiket.

“Kami yakin kapasitas yang tersedia di setiap armada bakal mendekati maksimal, yakni 1.200 penumpang setiap armada,” akunya. 

Pihaknya saat ini masih melayani tujuh kedatangan kapal sampai tanggal 30 April mendatang. “Jadwal terakhir kami pada 30 April, baik ke Surabaya maupun Parepare,” ujar Saleh.

Saleh menambahkan, DLU juga akan menambah armada dan jumlah kunjungan kapal. Jika biasanya hanya dua kali dalam satu minggu, jumlah kunjungan selama periode mudik bakal ditambah menjadi tiga kali dalam sepekan.

“Kami sudah menyiapkan tambahan dua kapal untuk rute Balikpapan ke Surabaya. Kemudian untuk rute Balikpapan ke Parepare frekuensi atau kunjungan kapalnya kita tambah. Biasanya seminggu dua kali, jadi seminggu tiga kali,” tutur Saleh. 

Dimana pada periode mudik tahun ini, diperkirakan terjadi peningkatan meski tak terlalu signifikan, lantaran masih terdampak pandemi Covid-19. Kondisi usaha pengguna jasa terganggu akibat pandemi Covid-19, sehingga tidak terlalu memaksakan diri untuk pulang setiap tahun. Bahkan ada trend tahun-tahun sebelumnya pengguna mobil pribadi itu cukup tinggi, biasanya satu minggu sebelum puasa volumenya sudah di atas 100, sekarang 50 saja tidak sampai.

Saleh juga menyebut PT DLU bakal memperketat prokes sedari pembelian tiket. Langkah ini, kata Saleh sejalan dengan instruksi dari pemerintah. Di mana untuk calon penumpang yang sudah melakukan booster tak perlu PCR atau antigen. 

Baca juga ini :  Klaster Keluarga Tinggi, Pengaruhi Jumlah Ibu Hamil Positif Covid-19

“Kalau vaksin dua kali wajib antigen, kalau vaksin pertama wajib PCR,” tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Pelni cabang Kota Balikpapan, Purwadi mengatakan, hingga saat ini, keterisian penumpang edisi mudik Lebaran masih normal. Dia memperkirakan kepadatan penumpang akan terjadi 29 April 2022 mendatang.

“Terutama untuk tujuan Sulawesi, sedangkan tujuan Surabaya penjualan tiket masih terbuka menyusul adanya tambahan armada,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.