Rahmad Mas’ud disela-sela FGD Sistem Kesehatan Daerah (SKD) di Hotel Senyiur Balikpapan, Senin (03/10/2022).

Jelang Sumpah Pemuda, Wali Kota Ajak Pemuda Ukir Prestasi 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Jelang peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober,  Wali Kota Balikpapa Rahmad Mas’ud mengajak para pemuda ini dapat mengukir prestasi diberbagai bidang dan bisa menyalurkan bakat bagi pemuda-pemudi terbaik di Kota Balikpapan.

“Termasuk membangun antusiasme generasi muda untuk lebih aktif dan peduli dalam pembangunan dan mampu mengimplementasikan hal-hal tersebut terhadap generasi muda lainnya,” ujar Rahmad Mas’ud, Selasa (25/10/2022).

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemuda merupakan bagian terpenting dari sumber daya manusia di Indonesia,” tambahnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, jumlah pemuda saat ini sekitar 64,90 juta jiwa atau 23,90 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Tentu Kota Balikpapan memiliki agenda penting mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Dalam skala yang lebih besar, bangsa Indonesia tengah menuju indonesia emas 2045.

“Di mana peran remaja tidak bisa dianggap sebelah mata karena di pundak generasi muda inilah masa depan bangsa kita gantungkan, yang kelak akan menentukan maju mundurnya negara ini,” tandas Rahmad.

Terlebih lagi, lanjutnya, kita semua akan menyongsong era bonus demografi. Yakni jumlah usia produktif jauh lebih banyak. Diharapkan momen ini dapat menjadi kesempatan untuk melakukan lompatan besar bagi kemajuan peradaban bangsa.

Sejalan dengan itu, dia berpesan kepada generasi muda untuk lebih memiliki kepekaan terhadap berbagai persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan. Sekali lagi, bukan hanya keluar menjadi juara saja tetapi untuk menghadirkan sosok pemuda yang bersemangat, cerdas, optimis, kreatif, dan senantiasa menyebarkan nilai positif kepada sesama generasi muda dan masyarakat umum lainnya.

“Karena itu generasi muda tidak bisa hidup dalam dunianya tersendiri, karena di masa mendatang generasi muda akan mewarisi bangsa ini,” aku Wali Kota Rahmad Mas’ud

Baca juga ini :  Presiden Minta Sekretariat IKN Nusantara Segera Dibentuk, Libatkan Masyarakat Lokal

Untuk menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan menggelar sejumlah lomba.

Menurut Kepala DPOP Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan, Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda DPOP Kota Balikpapan, bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tahun 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pihaknya menggelar sejumlah lomba untuk memacu kreativitas pemuda khususnya di Kota Balikpapan.

“Lomba kali ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, karena di tahun sebelumnya dilaksanakan lomba itu secara online. Seperti membuat game online, kuis online, serba online,” kata Ratih.

Adapun sejumlah lomba yang akan digelar di antaranya lomba MC, paduan suara, dan lomba poco-poco. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Plaza Balikpapan dari tanggal 25 hingga tanggal 26 Oktober mendatang.

“Salah satunya kita melaksanakan lomba poco-poco itu di tahun ini, supaya lebih semangat. Kita mencoba untuk lebih bersemangat. Termasuk dengan menyemangati anak muda. Apa sih yang heboh, apa sih yang seru? Nah kita ingin semaraknya seperti itu,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini para pemuda dapat memiliki daya juang. Bisa lebih mengenal dan mencintai republik ini. Dengan memaknai ikrar Sumpah Pemuda.

“Diharapkan para anak muda ini bisa mengeluarkan semua talen-talennya,” tuturnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.