Pesta Gotilan

Jemaat HKBP Filadelphia Batakan Gelar Pesta Gotilon, Tradisi dari Tapanuli

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com Memperingati HUT ke-9 Gereja HKBP Filadelphia Batakan Balikpapan, jemaat setempat menggelar Pesta Gotilan yang merupakan tradisi warga Taapanuli, Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Panitia Tuaraja Sianipar mengatakan, Pesta Gotilan merupakan pesta ucapan syukur atas berkat Tuhan yang melimpah dalam setahun dan selalu digelar setiap tahun menjelang awal Desember.

“Dimana tradisi ini kami bawa dari Tapanuli dimana diawal Desember secara umumdi Tapanuli masyarakat menyemaikan padi yaitu sebagai mata pencaharian yang umum,” ujarnya pada Minggu (07/11/2021)

Dia menceritakan, dalam pesta Gotilan itu sebelum dilakukan persemaian padi dilakukan dahulu doa dan setelah 6-7 bulan kemudian panen. Panen kemudian dibawa ke gejerja untuk dipersembahakan kepada Tuhan.

“Bulan Juni atau Juli hasil panen tersebut setelah terkumpul pada akhirnya dibawa kerumah Tuhan yaitu ke Gereja untuk di doakan,” ujarnya

Hasil panen tersebut, diberikan kepada Hamba Tuhan untuk diperguinakan untuk kehidupan sehari-hari. “Dari situ juga hamba Tuhan akan peroleh berkat untuk perjalanan hidup mereka,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, jemat Gereja HKBP Filadelphia mengapresiasi kehadiran Wali Kota Rahmad Mas’ud. Bahkan menjadi kunjungan pertama pejabat Pemerintah Kota Balikpapan selama ini.

“Kami bersukacita sebagai anggota jemaat secara khusus sebagai waerga atas kedatyangan Wali Kota ditempat kami. Ini yang pertama kali gereja kami dikunjungi pejabat daerah,” ujarnya

Kata dia, pada saat piklada Balikpapan kemarin, jemaat Gereja HKBP Filadelphia juga turut mendoakan lahirnya pemimpin Balikpapan yang terbaik untuk tiga tahun kedepan atau hingga 2024.

“Dalam pilkada kemarin kami sungguh mendegar arahan dari pimpinan jemaat kami yang mana untuik mendoakan pemimpin yang terbaik yang akan lahir di Kota Balikpapan,” ujarnya

“Doa kami terjawab, doa masyarakat Balikpapan. Bapak telah terpilih menjadi Wali Kota. Harapan kami kedepannya Wali Kota semakin bersahaj, semakin dicintai masyarakat.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.