BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Jumlah siswa di SMK Negeri 1 Balikpapan diperkirakan yang terbanyak di Indonesia Timur. Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Balikpapan HM Syukri saat berbincang-bincang dengan inibalikpapan.

“Dari kelas 1,2,3 kalau dikumpulkan kurang lebih 2.400 siswa, kelasnya 71, terbanyak se-Kaltim dan mungkin se-Indonesia Timur,” ujar Syukri.

Bahkan kata dia, jika tak terbentur Peraturan Menteri Pendidikkan, bisa saja siswa sekolah yang awalnya STM Swasta Pertamina itu berjumlah 3.500 orang. Bahkan jurusan bidang studynya sebelumnya sebanyak  18. Namun kita sisa 13 jurusan.   

“Malah kalau tidak diikat dengan Peraturan Menteri mau tak tembak 3.500 siswa. Dulu jurusannya 18 sekarang sisa 13 jurusan,” ujarnya.

Menurutnya, lima jurusan yanga sudah tidak ada lagi di sekolah yang pertama kali berdiri tahun 1958 itu itu diantaranya biologi pertambangan maupun multimedia Multimedia hilang pindah ke SMA 6 dulu ada, tekhnik pendingin dan tata udara,” ujarnya.

“Jurusannya berkurang karena tidak ada gurunya, ada yang meninggal, juga agak ada penambahan untuk guru. Terus ada beberapa guru yang cenderung pindah bidang,”

Sementara untuk jurusan di SMK Negeri 1 yang paling banyak diminta Otomotif. Hal itu karena Kaltim merupakan daerah tambang batubara, sehingga alat berat menjadi paling banyak diminati dan menjadi keunggulan sekolah.  

“Saat ini animo masyarakat otomotif terkait dengan kebutuahan di Kaltim. Ada juga alat perangkat lunak, PJK, RPR, elektronika, listrik,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version