Home / covid-19 / Jurnalis Bertahan di Tengah Pandemik, Media Harus Berikan Pencerahan dan Kesadaran ke Masyarakat

Jurnalis Bertahan di Tengah Pandemik, Media Harus Berikan Pencerahan dan Kesadaran ke Masyarakat


BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —  SKK Migas Kalsul bersama KKKS dan Media menggelar Webinar dengan tema Jurnalis Bertahan di Tengah Pandemik, Kamis pagi (10/9/2020).
Acara yang dipandu Woro Windrati dari Kompas TV ini  menghandirkan wartawan senior Suryo Pratomo, Ketua IJTI Sulawesi Utara Amanda Komaling, dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid diikuti Kepala SKK Migas Kalsul Saefudin dan perwakilan dari KKKS Kalsul. 

Suryo Pratomo mengatakan semua elemen  terdampak termasuk bisnis media. Berbeda dengan perusahaan telekomunikasi yang sekarang justru masih bisa tumbuh. 

Sebagai media arus utama, dalam penanganan dan pencegahan covid, peran media sangat menentukan bahkan pemerintah hingga kini masih berpegangan pada informasi dan peran informasi covid pada media arus utama. 

Karena media memiliki kaidah-kaidah dan kode jurnalistik yang masih dipegang teguh berbeda dengan media sosial yang mengendepan kecepatan namun tidak ada kedalaman informasi, cendrung informasi pendek, tanpa logika dan cendrung spekulatif. Karena itu media arus utama harus lebih berkualitas dalam pemberitaan. 

Salah satu Media yang masih bertahan seperti di Inggris yakni The Guardian.  Dalam penyajiannya, The Guardian menyajikan informasi yang berkualitas dan menyajikan investigasi reporting dengan melibatkan masyarakat. 

“Guardian  ajak masyarkat terlibat dalam informasi berkualitas dan investigasi. Mereka membuat undangan ke masyarakat di web guardian. Ada ajakan membangun sebuah jurnalise yang baik yang benar dengan ditopang investigasi jurnalis, ” katanya. 

Jurnalisme  berkualitas kataya ada di arus utama yang dituntut bukan hanya pintar menuis tapi menerapkan kaidah, coverbothside, investasi, cek and ricek, pemberitaan penuh kesadaran dalam bekerja. ” Sehingga pembaca mendapat konteks yang lebih luas dan ini yang membedakan dengan sosial media. The Guardin tumbuh die era destruktif ini, ” katanya. 

Lanjut Pemred Metro TV mengajak media membut karya jurnalis yang membuat masyarakat lebih  paham, cerdas. 
” Fungsi mencerdskan. Setelah cerdas, mencerahkan orang untuk mau dan bertindak benar. Media bisa seperti menerapkan multilevel marketing bagaiman setiap orang bisa pengaruhi dua orang menerapkan  protocol kesehatan, ” bebernya. 

Suryo mencontohkan Negara Selandia Baru, antara pemerintah dan media satu padu dalam memerangi covid dengan edukasi dan mencerahkan masyarakat. 

” Kalau Selandia Baru dianggap paling baik dalam penanganan , itu terjadi karena seluruh bangsa menyadari bahwa yang dihadapi adalah perangkat maka semua harus berpikir dan bertindak sama bagaimana memenangi perangkat ini bukan cari kelemahan tanpa memberikan solusi, “tandasnya.

Saefudin Kepala SKK Migas Kalsul

Sementara Kepala SKK Migas Kalsul Saefudin mengatakan industri Hulu Migas masuk dalam kategori terdampak sedang. Industri ini bergantung pada harga Migas. Penurunan sekitar 2,72 persen. 

“Harga minyak  dikuartal pertama rendah sekarang membaik. Pemasukan perusahan turun tidak bisa operasi kalau harga minyak rendah,” katanya. 

Di wilayah Kalsul, KKKS PHM masih memberikan kontribusi tertinggi disusul KKKS lainnya. Kontribusi wilyah kerja Kalsul sekitar 12 persen dari realisasi lifting nasional. 
” Realisasi lifting MMK Kalsul atas target APBN 2020 sekitar 104, 8 persen, ” ucapnya. 

Saefudin berharap webinar ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak termasuk media dan bisa melalui covid dengan baik dan sehat dan pandemik ini bisa cepat selesai. 

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 27 September 2020 : Bertambah 19 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Bayi Usia 3 dan 4 Bulan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan perlahan mulai turun. Hari ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.