Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty didampingi Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa

Kasus Pertama Ibu Hamil Luar Balikpapan Terpapar, Tim Covid Lakukan Deteksi Dini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Hingga Jumat sore (25/9/2020) kasus ibu hamil terpapar covid mencapai 33 orang. Dari jumlah itu di Balikpapan terdapat satu warga luar Balikpapan terkonfirmasi positif.

“Memang kasus ini meningkat seiring meningkatnya klastr keluarga. Jadi di Balikpapan sejak penularan transmisi lokal ini juga akhirnya masuk ke keluarga dan mengenai ibu hamil,” ujar dr Andi Sri Juliarty.

Dr yang akrab disapa dr Dio ini menyebutkan kasus ibu hamil yang terpapar covid dari luar daerah merupakan kasus pertama. Karena itu deteksi dini dilakukan melalui rapid test menjelang kelahiran.

 “Pemerintah kota sudah membuat kebijakan untuk ibu hamil ini saat ini sudah 33 orang. Kita ambil kebijakan lakukan tes di puskesmas. Kami himbau kepada ibu hambil yang dua minggu jelang persalinan diharapkan mengikuti scrining rapid tes,” ungkapnya.

“Jika ditemukan reaktif maka masih ada waktu dua pecan untuk melakukan swab dan perencanaan persalinan yang tepat,” ujarnya.

Pihak rumah sakitpun sudah diminta menyiapkan ruang persalinan khusus covid karena ini bagian yang harus disiapkan dan menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Bawaslu Balikpapan Bingung dengan Kegiatan Kokos Wali Kota

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Bawaslu Balikpapan mengaku telah melihat video durasi 43 menit yang berisi tim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.