Kembangkan Ekonomi Kreatif, Nongki-Nongki di Akhir Pekan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya agar Gedung Klandasan menarik minat warga untuk berkunjung dengan melaksanakan kegiatan nongki-nongki setiap akhir pekan. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan, Agus Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan nongki-nongki yang dilaksanakan di Gedung Klandasan memberikan pendapat bahwa Kaltim khususnya Balikpapan memiliki aktivitas ekonomi kreatif yang akan menjadi masa depan ekonomi dengan memanfaatkan potensi yang ada saat ini.

“Gagasan Nongki yang merupakan gagasan dari ibu Nurlena Mas’ud sangat membantu UMKM yang bertujuan menghidupkan ekonomi kreatif yang ada di Kota Balikpapan dan Bappeda siap mendukung dengan mengkoordinasikan kepada OPD, untuk menyusun program kegiatan dalam RPJMD dan Renstranya,” ujar Agus Budi Prasetyo, Minggu (28/11/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan Sutadi juga mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh Nurlena Mas’ud, untuk menggairahkan lagi UMKM Kota Balikpapan supaya lebih menggeliat. 

“Kami akan menyediakan apa yang dibutuhkan dan akan meningkatkan akses point agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama UMKM,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Balikpapan  Rahmad Mas’ud mengatakan, bahwa nongki-nongki ini menjadi komitmen Pemkot Balikpapan sebagai agenda rutin setiap Minggu selama dua bulan. 
“Kami lakukan ini untuk menghidupkan Gedung Parkir Klandasan dengan melibatkan para pelaku usaha termasuk seniman,” ujar Rahmad. 

Kegiatan nongki-nongki ini dilakukan secara bergantian, sehingga para pelaku UMKM ini dapat tumbuh kembali. Hal ini bagian dari dukungan Pemkot Balikpapan terhadap para pelaku UMKM di Kota Balikpapan mengingat UMKM sebagai pendongkrak ekonomi bukan hanya di daerah melainkan seluruh Indonesia. 

“Apalagi selama adanya pandemi Covid- 19, UMKM yang menghidupkan roda ekonomi di seluruh Indonesia. Sehingga, sasaran pemulihan ekonomi tertuju kepada UMKM. Supaya ekonomi UMKM di Kota Balikpapan ini tumbuh lagi,” ujarnya.

Baca juga ini :  Update 27 April 2021 : Bertambah 34 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 1 Kasus Kematian

Rahmad menuturkan, jika kegiatan ini sudah disiapkan selama pasca pandemi Covid-19.

“Kami berharap pelaku UMKM di Kota Balikpapan kembali hidup dan bergairah lagi,” tuturnya.

“Nongki-nongki ini digelar bukan untuk euforia melainkan bertujuan untuk membangkitkan para pelaku UMKM di Kota Balikpapan dan menghidupkan Gedung Parkir Klandasan agar dapat berfungsi lebih baik,” tambahnya. 

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Kota Balikpapan yang juga istri Wali Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud mengungkapkan, harapan agar Gedung Klandasan dapat kembali ramai dan diisi oleh berbagai tenant, tidak hanya kuliner, tetapi juga kerajinan tangan, kriya dan produk-produk UMKM lainnya. 

“Jika tenant kuliner mengisi lantai pertama, maka untuk produk non-kuliner diharapkan bisa memenuhi lantai kedua, sehingga tidak hanya UMKM saja tetapi ekonomi kreatif juga dapat ikut bergerak,” tukasnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.