Kepala Badan Otorita Pimpin Upacara Kemerdekaan Dititik Nol IKN, Jadi Motor Penggerak Menuju Smart City

SEPAKU,Inibalikpapan.com – Pelaksanaan upacara detik-detik HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia juga dilaksanakan di titik Nol IKN, dimana Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono didaulat menjadi inspektur upacara, pada Rabu (17/8/2022). Yang diawali dengan pembunyian sirene selama semenit.

Peserta upacara dihadiri langsung dari berbagai unsur mulai dari anggota Polsek, TNI, para pekerja IKN, BPBD PPU, pihak kelurahan dan kecamatan, serta tokoh masyarakat.

Pelaksanaan upacara dititik nol IKN dilaksanakan mulai pukul 09.40 Wita yang menjadi komandan upacara Plh Danramil Kecamatan Sepaku Kapten Andi Supratikno.

Seusai pelaksaanan upacara, Bambang Susantono mengatakan, pihaknya bersama semua pihak yang terkait dalam pembangunan IKN sama-sama membulatkan tekad membangun IKN, yang mana sudah ada beberapa kegiatan mulai senin lalu dilaksanakan.

“Kegiatan tersebut ada seminar tata kelola pemerintahan yang baik untuk mengingatkan semua pihak bahwa kita ingin pembangunan benar-benar membentuk tata kelola yang baik, sehingga bisa terjaga pembangunan di IKN ini,” kata Bambang.

Selain itu Badan otorita IKN juga ingin menyiapkan warga lokal untuk kedepan menjadi IKN yang smart city karena ingin menjadkan Kota cerdas dan penuh filtur digital agar semua sudah siap dengan aplikasi digital.

Dimana pada 2045 semua pembangunan selesai, mulai dari tahapan pondasi IKN diharapkan jadi motor dari pembangunan ekonomi nasional yang menghindari negara untuk keluar dari berpendapatan rendah.

“Juga ingin menjadi motor penggerak untuk ekonomi kita bisa terdistribusi seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Bambang menambahkan, saat ini di IKN masih proses persiapan pembangunan ada 4 tahapan di IKN, persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan pemerintah.

“Saat ini tahap persiapan sehingga kita lihat di lapangan pembangunan akses jalan, sentra logistik akan dimulai penyelesaian air baku dari sepaku semoi, dan membuat rumah pekerja,” imbuhnya 

Baca juga ini :  Hingga Hari Ini Pemerintah Telah Salurkan BLT BBM Kepada 8,1 Juta KPM di 461 Daerah

“Termasuk Tender juga sudah berjalan di kementerian Pekerjaan Umum, yang sudah mulai dilaksanakan tahun ini,” tambahnya.

Ada beberapa yang mulai bekerja dari pembukaan lahan dalam hal pembukaan jalan dan landclering. Nanti juga ada tim terpadu yang menangani terkait permasalahan lahan tapi kami tegak lurus pada hukum apa aturannya yang berlaku.

Termasuk investor saat ini banyak menerima perusahaan skala menengah atas masuk ke bisnis tertentu mulai bangun mal dan sekolah, fasum kesehatan yang akan melengkapi ekosistem yang ada di IKN.

“Jadi kita tidak hanya bangun gedung gedung saja tapi juga kelengkapan untuk kehidupan sehari-hari,mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan memulai dengan melakukan jejak pasar kita membuka peluangnya dibeberapa peluang investasi di IKN dan kita lihat sejauh mana yang menjadi kebutuhan,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.