Andi Sri Juliarty

Klaster Keluarga di Balikpapan Sudah 18 Kasus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Klaster keluarga covid-19 di Kota Balikpapan masih terus bertambah. Bahkan hingga Kamis (11/06), dari 3 kasus baru, ada 2 kasu baru positif yang merupakan klaster keluarga.

“Klaster Keluarga sudah 18 kasus,” ujar Kepala Dinas kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty saat konfrensi pers.

Dia mengatakan, 3 kasus positif baru tersebut yakni 1 kasus merupakan BPN 91 laki-laki usia 51 tahun merupakan karyawan migas. Terkonfirmasi positif hasil uji swab PCR rumah sakit Pertamina Balikpapan.

“Akan masuk ke lokasi kerja. Kondisinya OTG (orang tanpa gejala), melakukan skrining untuk masuk ke lokasi kerja ditemukan hasil PCr positif,” ujarnya.

Lalu 2 kasus lainnya, yakni BPN 92 laki-laki usia 37 tahun merupakan kasus transmisi lokal memiliki kotak erat dengan BPN 62 dan BPN 93 laki-laki usia 10 tahun juga kasus transmisi lokal dan memiliki kontak erat dengan BPN 62.

“Hasil PCR RSPAD Jakarta, karena sekarang rumah sakit  Tentara punya jalur untuk pemeriksaan PCR ke RSPAD Jakarta. Jadi kedua pasien dirawat di rumah sakit tentara,”katanya.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menuturkan, Klaster Kelurga tersebut berawal dari  1 anggota kelurga yang telah terinveksi covid-19 tanpa disadari. Kemudian diduga menularkan ke anggota keluarga yang lain saat berkumpul.  

“1 klaster keluarga ini kan kerena mereka berkumpul acara Idul Fitri, ada salah 1 yang kontak dengan pihak luar ternyata itu telah tertular covid-19 akhirnya keluarga lain yang terkena,” jelasnya.

Kata dia, ini merupakan Klaster Kelurga yang terbanyak terinveksi covid-19. Karena sehari sebelumnya ada anggota keluarga lainnya yang telah positif covid-19. “Ini pengalaman 1 keluarga yang terbanyak terkonfrimasi positif,” tandasnya.

Baca juga ini :  240 Ormas Terdaftar di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.