Kolaborasi Inspirasi SKK Migas Kalsul – Susi Pujiastuti, Bangkitkan UMKM Ditengah Pandemi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam membangun perekonomian daerah tidak dapat dianggap sebelah mata. Untuk itulah keberadaan UMKM ini harus dibina dan didampingi agar dapat tumbuh dan mandiri serta membawa manfaat bagi lingkungan sekitar. Apalagi dengan pengaruh covid, menjadi thun yang berat buat semua unit usaha. Penyebaran Covid-19 sangat berdampak bagi seluruh sektor, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Situasi pandemi saat ini mau tidak mau menuntut para pelaku UMKM untuk dapat terus bertahan dan melakukan inovasi dalam memasarkan produknya, yang sebelumnya mungkin penjualan dilakukan secara offline, sekarang mau tidak mau para pelaku UMKM harus menyentuh ranah digitalisasi untuk dapat bertahan dan memasarkan produknya.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Dan Gas Bumi Perwakilan Kalimantan dan Sulwesi (SKK Migas Kalsul) dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Kalsul ingin membangkitkan UMKM yang ada. Mengambil tema “Pemberdayaan UMKM – Produktif di Masa Pandemik ” melalui kegiatan Webinar Inspiring Talk 2020 yang dilaksanakan pada Kamis (26/11/2020).

SKK Migas igin kembali berusaha menggerakan semangat UMKM walaupun situasi dalam keadaan sulit karena Covid-19.

“Tema acara hari ini sangat relevan dengan kondisi tantangan saat ini. Tahun 2020 merupakan tahun yang cukup berat buat kita semua. Penyebaran Covid-19 sangat berdampak bagi seluruh sektor, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah” kata Kepala SKK Migas Kalsul Syaifudin pada peserta Webinar yang hadir.

Pada kegiatan Inspiring Talk tersebut diisi oleh 4 narasumber yaitu, Local Heroes dr. Taufiqurrahman dari Peggiat Jagoan Usaha PHSS (Binaan Pertamina Hulu Sanga Sanga). Hadir pula Agung CN dari Outlet Nipah Urang Handil (Binaan Pertamina Hulu Mahakam). Tak kalah menariknya Utari Oktaviany, Co-Founder & General Director ARUNA.ID.

Utari ini adalah anak Balikpapan, Kalimantan Timur yang sukses mengembangkan aplikasi ARUNA.ID untuk membantu masyarakat nelayan pesisir di Indonesia dalam memasarkan hasil tangkapnya ke kancah international (export).

Sebagai narasumber pamungkas yakni Susi Pudjiastuti, sosok entrepreanur sukses & motivator dalam kegiatan Inspiring Talk ini.

Dengan pengalaman dan ilmu dari narasumber ini diharapkan mampu memberikan motivasi untuk tetap bertahan dan produktif dimasa-masa sulit khusus nya bagi pelaku UMKM.

Pengalaman Susi Pujiastuti dalam memimpin Lembaga Kementerian serta membangun kerajaan bisnisnya, hingga diposisi saat ini sudah tidak diragukan lagi.

“Dengan narasumber-narasumber tersebut saya berharap tidak hanya UMKM yang akan mendapat manfaat dari kegiatan ini, tentunya juga diharapkan kepada seluruh peserta yang hadir, baik unsur Pemerintah Daerah, Civitas akademika, awak media, insan Humas SKK Migas & KKKS pun dapat mengambil semangat manfaat dari dilaksanakannya kegiatan ini, ” harapnya.

Ditambahkan Syaifudin tujuan diselenggarakannya Inspiring Talk 2020 untuk sharing pengalaman positif tentang pengembangan UMKM, tentunya ditindaklanjuti dengan pendampingan aktif Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) terhadap rekan rekan UMKM binaannya masing-masing.

“Semoga kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua dan wabah Covid-19 yang melanda Ibu Pertiwi dapat segera berakhir. Agar kita semua dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala serta lebih sukses kedepan, ” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Koramil Amuntai Utara Bantu Distribusi Sembako Kepada Korban Banjir

AMUNTAI, Inibalikpapan.com — Koramil 1001/06 Amuntai Utara membantu pendistribusian bantuan terhadap masyakarat Desa Pimping yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.