Gedung KPK

KPK Setor Uang Hasil Korupsi Mantan Mensos Juliar Batubara Senilai Rp 16,2 miliar ke Kas Negara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPK menyita uang hasil tindak pidana korupsi mantan Menteri Sosial Sosial (Mensos) Juliar P. Batubara senilai Rp 16,2 miliar untuk kemudian di setor ke kas negara,

“Jaksa Eksekutor KPK melakukan penyetoran ke kas negara uang rampasan senilai Rp16,2 Miliar dalam perkara terpidana Juliari P Batubara,”kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dikonfirmasi, Senin (29/8/2022).

Dia mengatakan, uang yang disita tersebut merupakan hasil operasi tangkap tangan (OTT) bekas anak buah Juliari yakni terpidana eks pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso dalam kasus korupsi Bantuan Sosial Covid-19 Se-jabodetabek tahun 2020.

“Barang bukti yang ditemukan saat itu berupa uang tunai dalam bentuk pecahan mata uang rupiah, mata uang asing berupa dolar Amerika Serikat dan dolar Singapura,”ujarnya.

Ali menegaskan pihaknya akan terus merampas aset milik para koruptor untuk di setorkan ke kas negara agar asset recovery dapat bisa tetap maksimal.

“Melalui penagihan pembayaran pidana denda dan uang pengganti serta penyetoran barang bukti uang hingga lelang barang rampasan,” ujarnya

Saat ini Juliari P. Batubara tengah menjalankan masa hukumannya selama 12 tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang.

Ia, juga telah membayar uang pengganti sebesar Rp14,5 Miliar ke KPK untuk disetorkan ke kas negara. Uang pengganti tersebut berdasarkan putusan pengadilan.

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Paripurna DPRD Bahas Tiga Agenda, APBD Perubahan 2022 Jadi Rp 3 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.