KPU Balikpapan Sosialisasikan PKPU Nomor 10 dan 13 Tahun 2023, Pencalonan Peserta DPD

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan melaksanakan sosialisasi PKPU nomor 10 tahun 2022 tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan PKPU nomor 13 tahun 2022 tentang pencalonan perseorangan peserta pemilihan umum anggota dewan perwakilan daerah, yang dilaksanakan di Hotel Tjokro Balikpapan, Selasa (27/12/2022).

Mewakili Pemkot Balikpapan, Kepala Kesbangpol Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengaku, menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi ini, karena merupakan salah satu wujud komitmen KPU dalam penyelenggaraan pemilu yang transparan dan bebas dari diskriminasi, sekaligus keterbukaan terhadap publik. 

“Sosialisasi ini dilaksanakan salah satu  harapannya agar masyarakat yang berminat mencalonkan diri sebagai anggota dpd ri segera lakukan hal-hal yang dipersyaratkan,” ujar Adwar Skenda Putra.

Dengan adanya sosialisasi ini proses pelaksanaan dari awal hingga penetapan dapat dipahami sehingga kalau ada hal lain bisa disampaikan melalui tanggapan atau masukan masyarakat.

“Kita patut mengapresiasi kinerja kpu mengingat tugas penyelenggaraan pemilu tidaklah mudah,” akunya.

Langkah-langkah tahapan pemilu meliputi perencanaan program dan anggaran, pemutakhiran data pemilih, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, penetapan partai politik, penetapan jumlah kursi dan jumlah pemilihan, pencalonan presiden dan wakil presiden sudah berjalan.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pelaksanaan setiap pemilu merupakan harapan bagi seluruh rakyat indonesia, yaitu harapan terwujudnya kehidupan demokrasi yang sehat dan juga terhadap kesinambungan penyelenggaraan negara.

“Saya berharap penyelenggaraan pemilu 2024 kelak akan berjalan dengan aman, lancar, aman dan tertib,” tuturnya.

“Tidak hanya itu, pemilu 2024 juga diharapkan dapat mengakomodir hak politik seluruh masyarakat, baik sebagai peserta pemilu maupun sebagai pemilih, secara jujur dan adil berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Baca juga ini :  Balikpapan Jadi Pusat Penanganan Pengungsi dan Penerimaan Bantuan Internasional

Sementara itu, Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat tahu jika peserta pemilu bukan hanya dari Parpol.

“Kami sampaikan jika pemilu itu juga ada dari jalur independen namanya DPD,” ujar Noor Thoha.

Kata Thoha, DPD itu tidak sulit seperti parpol, kalau DPD bisa perorangan dan didukung 2 ribu pemilih yang ada di DPT dengan sebaran 50 persen di Kabupaten Kota.

“Penekanannya kita akan membangkitkan kepada seluruh warga Balikpapan yang punya kapasitas untuk mencalonkan diri karena di Balikpapan calon kita pasca almarhum Pak Muhammad Idris tidak ada yang masuk jalur DPD,” akunya.

“Apalagi ketokohan orang-orang di Balikpapan gak kalah juga dan penduduk Balikpapan nomor 3 untuk di Kaltim sayang kalau kesempatan ini tidak diambil,” tambahnya.

Silahkan daftar dan ini tidak perlu melalui parpol karena ini calon independen.

Untuk Kaltim calon ada 27 yang rencana mau mendaftar, tapi mudahan-mudahan tahun ini ada dari Balikpapan, DPD satu provinsi hanya ada 4 yang dipilih.

“Tapi sebaran itu tidak mengikat jumlah, misalnya basis masanya di Balikpapan, contoh banyak pemilih di Balikpapan yang diluar itu bisa hanya melengkapi saja,” pungkasnya.

Ini pencarian Populer:https://www inibalikpapan com/kpu-balikpapan-sosialisasikan-pkpu-nomor-10-dan-13-tahun-2023-pencalonan-peserta-dpd/

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.