Persiapan akan digelarnya latihan bersama

Latihan Bersama Tentara Amerika akan Digelar di Kaltim Bulan Depan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Kaltim akan menjadi lokasi Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield antara TNI AD dengan Tentara Amerika Serikat pada Juni 2021 di Amborawang, Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara

Finalisasi persiapan dilakukan untuk menyambut personil yang akan datang, baik melalui bandara Internasional Sepinggan maupun Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Selasa (01/06/2021).

Kegiatan tadi pagi sampai siang ini terkait koordinasi Latma Garuda Shield yang rencananya bulan Juli akan dilaksanakan,” ujar Deputy General Manager Pelabuhan Balikpapan Max kepada awak media,

“Ini hanya finalisasi persiapan, baik dari pihak pelabuhan dan bandara, maupun petugas-petugas atau aparat terkait,”

Dia mengatakan, yang menjadi perhatian karena saat ini masa pandemi covid-19 sehingga penerapan protocol kesehatan secara ketat dilakukan baik yang masuk melalui pelabuhan maupun bandara.

“Yang lebih diperhatikan karena situasi pandemic sehingga kita tadi lebih ditekankan protocol kesehatan dalam hal kedatangan pasukkan kapal yang akan melakukan kegiatan di pelabuhan Semayang,” ujarnya.

Menurutntya, nantinya personil yang tiba akan dilakukan rapid antigen kembali. Karena surat antigen dari pelabuhan asal tidak berlaku lagi. Karena perjalanan dari Bitung dan Lampung  memakan waktu tiga hari.

“Terutama kapal yang akan masuk itu dari pelabuhan tujuan itu harus di rapid antigen, karena perjalanan dari Bitung atau dari Lampung itu tiga hari otomatis tidak berlaku surat keterangan tidak berlaku,” ujarnya

“Sehingga dia tiba disini harus dilakukan rapid antigen lagi. Jika tidak ditemukan ada yang positif dia bisa melakukan kegiatan selanjutnya,”

Dia menambahkan, persiapan dihadiri juga dari Tentara Amerika Serikat maupun TNI ada dan stakeholder di pelabuhan maupun bandara.

Comments

comments

Baca juga ini :  Dianggap Masuk Wilayah Malaysia, Nelayan Indonesia Terancam Denda Puluhan Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.