Andi Sri Juliarty

Libur Lebaran, Pelayanan Kesehatan Tetap Maksimal

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Untuk memberikan rasa aman kepada warga yang akan bersilaturahmi selama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan telah menyiapkan petugas untuk stan by di beberapa posko dan puskesmas. 

“Petugas kami juga ada yang mengisi posko-posko bersama seperti di Terminal Batu Ampar, Pelabuhan Feri Kariangau yang dilengkapi dengan vaksinasi,” ujar Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty kepada media, Jumat (29/4/2022).

Dio biasa Andi Sri Julirty disapa menambahkan, dalam periode tersebut sedikitnya ada tujuh puskesmas yang dipastikan tetap membuka pelayanan. Ketujuh puskesmas itu merupakan puskesmas 24 jam, diantaranya yakni Puskesmas Damai, Puskesmas Karang Rejo, Puskesmas Baru Tengah, Puskesmas Gunung Samarinda, dan Puskesmas Teritip.

“Selama libur Lebaran 7 Puskesmas 24 jam yang ada di tiap kecamatan itu buka, jadi kami tidak ada libur,” kata Dio.

Pelayanan maksimal pun tetap akan dilakukan dimana masing-masing Puskesmas 24 jam tersebut akan disiagakan dokter jaga dan petugas medis lainnya yang siap melayani jika ada kejadian gawat darurat. 

“Nanti disana (Puskesmas, red) tenaga medis akan berkerja secara shift sesuai dengan jadwal yang sudah ada, sehingga tidak ada perubahan dari jadwal yang sudah ditetapkan, dan saya tekankan dibatasi yang cuti,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyiagakan masing-masing satu puskesmas biasa di tiap kecamatan untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran pada tahun ini.

“Termasuk mengoperasikan sejumlah posko pelayanan kesehatan di antaranya di Pelabuhan Ferry Kariangau dan Terminal Bus Batu Ampar,” tambahnya.


Setiap posko tersebut, kata dia juga membuka pelayanan untuk vaksinasi bagi pemudik, namun untuk pelayanan vaksin sementara akan ditutup saat memasuki lebaran yakni pada tanggal 2 nanti.
Dibukanya posko-posko tersebut bukanya tanpa alasan, disampaikanya berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya, kejadian yang paling diwaspadai adalah kejadian kecelakaan di jalur mudik yakni di kawasan Jalan Soekarno Hatta yang merupakan jalur lalu lintas provinsi bagi para pemudik.

Baca juga ini :  Update 4 Juli 2020 : Bertambah 10 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 13 Kasus Sembuh


“Sebaiknya para pengendara agar istirahat terlebih dahulu jika merasa lelah,” pintanya.

Termasuk pada saat liburan lebaran yang mana lokasi wisata akan jadi favorit warga berlibur, juga akan disiapkan petugas yang bekera sama  dengan PMI, relawan, hingga PSC Ambulan 119.

“Semua sudah aman, termasuk puskesmas yang 24 jam juga tetap beroperasi selama Idul Fitri,” akunya. 

Cuma dimintai masyarakat untuk waspada biasa penyakit saluran cerna pasca lebaran, agar makannya dijaga baik-baik, jangan sampai hipertensi dan stroke seeta berkendara hati-hati, jika lelah lebih baik istirahat. 

“Kami juga akan melakukan tes antigen acak pasca nanti para pemudik kembali dari kampung halaman,” pungkasnya. 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.