Home / iniFLASH / Lulusan Sarjana Penerbangan dan Dosen, Sukses Jajaki Bisnis Kuliner Nasi Kebuli

Lulusan Sarjana Penerbangan dan Dosen, Sukses Jajaki Bisnis Kuliner Nasi Kebuli

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Dewasa ini, nasi kebuli menjadi santapan yang sangat populer di Indonesia. Nasi yang dimasak bersama kaldu daging kambing, minyak samin yang disajikan bersama daging dan ditaburi kismis ini juga bisa di temui di sejumlah sudut jalan kota Balikpapan, satu diantaranya kawasan Jl. MT. Haryono.

Rumah makan tersebut bernama Nasi Kebuli dan Daging Domba Bang H. Ahmad. Berawal dari jualan nasi kebuli di  kawasan Balikpapan Baru menggunakan Food Truck tahun 2018, kini Ahmad Sanusi- pemilik rumah makan tersebut- membuka restoran demi memenuhi permintaan nasi kebuli yang terus meningkat.

Bahkan sebelum sebesar sekarang, Ahmad Saekhu menawarkan nasi kebuli buatannya melalui media sosial yang mana melalui media sosial tersebut ia bisa menjual sekitar 80 sampai dengan 100 porsi nasi kebuli per harinya.

“Disini ada tiga tipe nasi. Pertama nasi kebuli, adalah nasi produk asli nasional yang citarasa gurih. Kedua nasi briyani, nasi khas Asia Selatan. Ketiga nasi Mandhi itu dari Yaman. Bedanya dari kekuatan bawang putih, rempah kapulaga dan premium,” kata Ahmad.

“Ada juga nasi kualitas premium kita pake saffron. Saffron ini rempah yang kaya khasiat untuk kesehatan. Harganya lebih mahal dari emas,” ujarnya menambahkan.

Pandemi Covid-19, diakui Ahmad ia mengalami penurunan pembeli.  Namun pria yang pernah bekerja di Chevron ini lakukan inovasi dengan menghadirkan menu baru, yaitu kebuli instan.

“Semenjak Covid ini orang pada malas makan diluar. Saya jadi berpikir produk yang bisa di bawa ke rumah dan bisa di masak kapan saja. Jadilah kebuli instan. Ini takarannya 400 gram untuk enam sampai tujuh porsi. Tinggal dipanaskan, seperti memasak mie instan” ujarnya menjelaskan.

Ahmad juga mengklaim, nasi kebuli miliknya aman di konsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Ia mengaku sudah melakukan riset dan mengacu pada standar Food Drop America (FDA), yang mana satu porsi nasi kebuli mengandung 170 kalori.

“Kalau standar FDA kan 220 kalori, kami masih di bawahnya. Beras kita banyakan beras basmati, sehingga bagi kolesterol tinggi jangan khawatir,” kata Ahmad meyakinkan.

Ahmad mengaku sangat serius menggeluti bisnis kuliner nasi kebuli. Pasca keluar dari perusahaan Chevron tahun 2016, ia melakukan riset selama enam bulan lamanya dengan menjajaki bisnis potensial di Balikpapan dengan mencari inspirasi dari beberapa negara seperti Kuala Lumpur, Singapura dan Brunei Darussalam.

Riset nasi kebuli di India juga dilakukan demi mendapatkan kualitas rasa yang maksimal pada restoran Nasi Kebuli dan Daging Domba Bang H. Ahmad. Riset juga dilakukan pada kompetitor yang menjual nasi kebuli di Balikpapan sebagai bahan pengajuan kerjasama pada mitra bisnis.

Berdasarkan data nasional, potensi bisnis Fast food and beverage tahun 2018 adalah Rp. 16 triliun. Dari angka tersebut restoran cepat saji KFC, menyumbang Rp enam triliun. Melihat hal itu, Ahmad tangkap peluang bisnis kuliner Nasi Kebuli.

“Kami juga riset makanan khas India. Ternyata udah Indonesia beda dengan India. Akhirnya kita naikan rasa lebih gurih. Kan khas Indonesia adalah gurih tapi rempahnya tidak terlalu kuat. Tapi kalau pelanggan mau pesan seperti India kami bisa membuatnya,” kata Ahmad.

Ahmad sendiri bukan berlatarbelakang pendidikan  jurusan tata boga. Ahmad merupakan lulusan Diploma Empat Teknik Penerbangan Tanggerang dan Magister Manajemen Telkom Universitas Indonesia. Bahkan ia sempat berprofesi sebagai dosen penerbangan selama 10 tahun.

“Kalau ditanya kenapa bisa ke kuliner, panjang lagi ceritanya. Tetapi untuk diketahui teman-teman angkatan saya rata-rata kapten di Garuda, Batik Air dan Air Asia. Karena pandemi ini, teman-teman saya yang kapten itu banyak yang jualan mie ayam, jualan nasi kebuli. Karena enam bulan tidak terbang,” ujarnya seraya tersenyum.

Comments

comments

About glen

Check Also

Penguatan Konsep Madinatul Iman, Wawali Sambangi Sekretariat MUI Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud sambangi sekretariat MUI Kota Balikpapan pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.