Home / iniFLASH / BPJamsostek dan Pemkot Balikpapan Tandatangani Nota Kesepahaman Terkait Perlindungan Bagi Pekerja Maupun Mitra di lingkungan OPD Balikpapan

BPJamsostek dan Pemkot Balikpapan Tandatangani Nota Kesepahaman Terkait Perlindungan Bagi Pekerja Maupun Mitra di lingkungan OPD Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —  Pemerintah kota Balikpapan menandatangi kesepakatan bersama dengan BPJamsostek Balikpapan dalam hal  Pekerja formal maupun non formal dan jasa kontruksi dibawah dinas terkait agar didaftarkan dalam kepersertaan BPJamsostek.

Salah satu contohnya  BPJamsostek akan membuat PKS dengan Dinas Perdagangan agar semua pedagang terlindungi secara maksimal, karna selama ini masih belum semua yang memiliki kesadaran atas jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Contoh lainnya dinas perikanan dan kelautan, dinas Pendidikan, dimana Guru-guru PAUD harus dilindungi dengan BPJamsostek. Makanya kita buat nota kesepahaman dengan pemerintah kota supaya nanti didinas-dinas bisa berjalan baik,” ujar Kepala Cabang BPJamsostek Ramadan Sayo, Senin  (13/7/2020).

Sayo juga berharap kedepannya seluruh pekerja maupun mitra pemerintah kota Balikpapan  dapat terlindungi dengan program BPJamsostek termasuk dari kalangan nelayan melalui dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan. “Sehingga mereka memiliki perlindungan bila terjadi resiko kematian, kecelakaan kerja dan hari tua, dengan ini diharapkan mereka bisa sejahtera,”katanya.

Lanjut Sayo untuk kepesertaan RT se-Balikpapan, dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini nantinya dapat didaftarkan secara kolektif, baik untuk pendaftaran maupun pembayaran iuran dengan cara disisihkan langsung dari insentif yang diterima. Iuran tersebut sebenarnya sudah merupakan komponen daripada insentif yang diberikan oleh pemerintah Kota Balikpapan. Tujuannya adalah agar para RT bisa terlindungi dan terjamin kesejahteraannya apabila terjadi resiko ketika menjalankan tugas baik kecelakaan kerja, meninggal dunia, dan hari tua.

 “Ini yang perlu kita tingkatkan. Selama ini mereka bayar sendiri-sendiri, kalau malas akhirnya kalau kejadian apa-apa pas masa tidak membayar terjadi resiko. Nah ini kan takutkan. Paling tidakkalau dia malas bayar 1 bulan pertiga bulan juga bisa bayarnya,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

DPRD Tak Sepakat Diberlakukan Kembali Pembatasan, Minta Semua Sektor Usaha Dibuka

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan meminta agar Pemerintah Kota tak memberlakukan pembatasan kembali. Pasalnya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.