prakiraan cuaca di Kaltim / twitter BMKG

Malam Tahun Baru Diprediksi Hujan

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pada malam pergantian tahun baru 2023 di Kota Balikpapan diprediksi bakal diguyur hujan. Itu berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Yang mana sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan.

“Untuk indeks DMI (Dipole Mode Index) tidak signifikan terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia,” kata Erika Mardiyanti, Kepala Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kamis (29/12/2022).

Adanya pola belokan angin dan konvergensi di sekitar wilayah Kaltim memicu terjadi pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan dengan intensitas ringan hingga berat. 

Sehingga sebagian besar di wilayah Kaltim juga akan dilanda hujan saat malam pergantian tahun.

“Cuaca pada periode ini akan didominasi kondisi cerah berawan dan potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat disertai angin kencang juga kilat atau guntur di Kaltim,” ungkapnya.

Dia merincikan, wilayah Berau akan terjadi pada malam dan dini hari. Sementara wilayah Bontang, Kutai Timur, Samarinda dan Kukar akan terjadi hujan pada sore dan malam hari.

“Kutai Barat, Mahulu dan Kukar bagian barat terjadi pada malam dan dini hari. Sementara di Balikpapan, PPU dan Paser terjadi pada malam dan dini hari,” tuturnya.

Masyarakat pun diimbau agar selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrim dan dampak yang ditimbulkan. 

“Seperti banjir, tanah, longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang dan pohon tumbang selama satu Minggu ke depan,” ucapnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Tiga Daerah Jadi Rujukkan Penerapan PPKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.