Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Masih Ada Gakin Balikpapan Tak Tahu Dapat Fasilitas Kesehatan Gratis
Potret kelurga miskin di Kota Balikpapan yang masuk dalam program penerima bantuan sosial

Masih Ada Gakin Balikpapan Tak Tahu Dapat Fasilitas Kesehatan Gratis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan menyesalkan ternyata masih ada keluarga miskisn (gakin) yang sebenarnya mendapatkan fasilitas kesehatan gratis dari Pemerintah yakni penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, justru tidak mengetahuinya.

“Kami mengingatkan kepada BPJS ternyata masih cukup ada kejadian masyarakat kita yang sudah mendapatkan fasilitas JKN itu tapi mereka ternyata tidak tahu bahwa mereka mendapatkan fasilitas itu,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Iwan Hari Wahyudi

Menurut dia, justru gakin tersebut, baru mengetahui ternyata mendapatkan fasilitas kesehatan gratis setelah membayar secara pribadi. “Ketika mereka datang ke rumah sakit dapat musibah dia sudah melakukan pembayaran secara swadaya begitu 2-3 hari dia baru tahu dia punya JKN,” ujar dia.

Karenanya dia meminta BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi kepada mereka yang mendapatkan fasilitas kesehatan gratis. “Artinya dalam hal ini BPJS perlu melakukan kembali edukasi informasi kepada masyarakat bahwa mereka sudah mendapatkan fasilitas JKN dari APBN maupun APBD,” ujarnya.

Dia juga meminta Dinas Sosial Kota Balikpapan untuk melakukan koordinasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD), sehingga benar-benar memiliki data yang valid dan selalu update, ketika data tersebut dibutuhkan.

“Kami juga meminta Pemerintah Kota melakukan penguatan data yang bisa betul-betuk melihat data itu secar realtime. Kita betul-betul punya data yang bisa kita andalkan seandainya lintas sectoral ya linstas sectoral kerjasama dengan capil,” ujarnya.

“Kalau data itu betul-betul akurat kita bisa ambil, bisa diolah Dinas Sosial yang merupakan sektornya bisa betul-betil melakukan verifikasi dan filter mana masyarakat kita yang kerja harian. Mana masyarakat kita yang butuih support jaminan kesehatan maupun jaminan sosial.”

Comments

comments

About glen

Check Also

BRU 44 Singgah Sehari di Balikpapan, 6 Kawannya Pekerja Alat Berat Positif  Covid

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –Tim Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan menemukan klaster baru dari pekerja alat berat tambang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.